Senin, 6 Mei 2024

Comeback Dramatis Atas Persikabo, Persebaya Sukses Putus Tren Negatif

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Pertandingan Persebaya melawan Persikabo dalam laga lanjutan Liga 1 di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik, pada Sabtu (25/3/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Persebaya Surabaya berhasil memutus tren negatif setelah mengalahkan Persikabo 1973 dengan skor 3-2, dalam laga lanjutan Liga 1 putaran kedua di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik, Sabtu (25/3/2023) malam.

Dalam pertandingan melawan, sejak wasit meniupkan peluit dimulainya pertandingan babak pertama, kedua kubu langsung saling bertukar serangan.

Hingga memasuki menit kesembilan, skema serangan Persebaya untuk memasuki kota penalti berhasil, namun upayanya masih berhasil diamankan dengan baik oleh kiper Persikabo.

Setelah sukses menembus barisan pertahanan Laskar Padjadjaran, Persebaya semakin menggencarkan serangan. Hingga pada menit ke-17, Skuad Bajul Ijo mendapat kesempatan melalui tendangan bebas.

Ze Valente yang menjadi algojo, eksekusinya masih bisa dihalau oleh Diky Indriyana Kiper Persikabo. Supriyadi sejatinya punya kesempatan dengan memanfaatkan bola rebound, namun aksinya masih belum bisa menjebol gawang Persikabo.

Tak berselang lama, pada menit ke-19 Persebaya kembali mendapat kesempatan melalui bola mati lagi, tetapi kiper Persikabo kembali dapat mengantisipasi dengan baik.

Asyik menyerang, giliran Persikabo yang balik menekan pertahanan Persebaya pada menit ke-21.

Melalui skema serangan yang menyisir sisi kiri lapangan dengan memberi umpan lambung ke tengah area kotak penalti, striker Persikabo berhasil melepaskan tandukan, tetapi finishing-nya masih melambung di atas mistar gawang Persebaya yang dijaga oleh Ernando Ari.

Persebaya kembali bermain menyerang dan pada menit ke-30. Paulo Victor yang berada di mulut gawang Persikabo, mampu memanfaatkan peluang dan menyelesaikan dengan gol, sekaligus merubah skor menjadi 1-0 untuk Persebaya.

Unggul satu gol, Persebaya justru kembali mendapat tekanan dari barisan depan Persikabo. Alhasil, hanya berselang satu menit, tepatnya menit ke-31, Ryan Kurnia berhasil menyamakan kedudukan melalui sundulannya, dan skor berubah menjadi 1-1.

Skuad anak asuh Aji Santoso kembali menggencarkan serangan, tetapi upayanya untuk kembali mencetak gol masih belum membuahkan hasil, hingga Gedion Depaherang wasit yang memimpin jalannya pertandingan meniup peluit berakhirnya pertandingan babak pertama.

Memasuki babak kedua, Persebaya dan Persikabo tidak menurunkan tempo permainan, kedua kubu terus bertukar serangan.

Pada menit ke-56 upaya Persikabo berhasil menambah pundi-pundi gol, yakni melalui tendangan Pedro Henrique yang gagal diantisipasi kiper Persebaya, skor berubah menjadi 1-2.

Tertinggal selisih satu gol, skuad Green Force berusaha menggempur pertahanan lawan. Upaya itu berhasil membuahkan hasil ketika Paulo Victor kembali menjebol gawang Persikabo, setelah mampu memanfaatkan kemelut di depan gawang lawan pada menit ke-70.

Berselang enam menit, Persebaya mampu mengembalikan keadaan menjadi 3-2 setelah mendapat hadiah penalti. Ze Valente yang dipercaya sebagai algojo, berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Di sisa menit akhir, kedua kubu masih terus menggencarkan serangan. Namun, hingga Gedion Depaherang kembali meniup peluit panjang, skor tidak berubah dan Persebaya sukses menang melalui comeback dramatis.

Untuk diketahui, dalam enam pertandingan sebelumnya, tim asuhan Aji Santoso itu gagal meraih kemenangan.

Selain mengakhiri tren negatif, hasil ini sekaligus menambah poin Persebaya menjadi 41 dan kembali merangkak ke posisi 8 klasemen sementara Liga 1 musim 2022/2023. (ris/bil)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
30o
Kurs