Selasa, 25 Juni 2024

Indra Sjafri Pastikan Timnas U-22 Tetap Kuat Meski Tanpa Ronaldo Kwateh

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Indra Sjafri Pelatih timnas U-22 menjawab pertanyaan para pewarta di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (21/4/2023). Foto: Antara

Indra Sjafri Pelatih Timnas U-22 Indonesia untuk SEA Games Kamboja memastikan skuadnya tetap kuat meski tanpa kehadiran Ronaldo Kwateh yang sampai saat ini masih dibekap cedera.

Melansir dari Antara, Ronaldo Kwateh masuk dalam daftar pemain yang dibawa untuk bertarung di SEA Games Kamboja. Sebelumnya, Ronaldo mengalami cedera saat memperkuat timnas U-22 menjalani laga uji coba melawan Lebanon pada Minggu (16/4/2023).

“Kan Ronaldo Kwateh masuk itu kan masih semua punya kesempatan yang sama (untuk masuk tim SEA Games Kamboja). Jadi yang kita putuskan tadi 20 itu sudah yang terbaik,” kata Pelatih Indra saat ditemui di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (21/4/2023) sore.

Coach Indra menyebut kondisi Ronaldo sudah semakin membaik dan sudah dapat berjalan. Namun untuk mengetahui kondisi terkini, Indra mengatakan Ronaldo masih menjalani pemeriksaan MRI dan membutuhkan istirahat.

Untuk SEA Games Kamboja, Indra hanya membawa dua orang kiper yakni Ernando Ari dan Muhammad Adi Satryo. Meski demikian, ia menyatakan bahwa menurut regulasi, Timnas Indonesia U-22 bisa memanggil kiper lain yang sebelumnya sudah didaftarkan jika salah satu dari kedua kiper tersebut mengalami cedera.

Pada latihan ringan yang dilakukan pada Jumat sore tersebut, dua pemain yang berkarir di luar negeri yakni Pratama Arhan dan Marselino Ferdinan belum bergabung. Tetapi Indra menyatakan kedua pemain itu akan tetap bertemu dengan rekan-rekan setimnya di Jakarta, dan tidak langsung merapat ke Kamboja. Arhan diperkirakan akan tiba di Tanah Air pada 22 April, sedangkan Marselino pada 23 April.

Indra juga mengatakan, bahwa ia belum menunjuk kapten untuk memimpin tim pada pertandingan-pertandingan di SEA Games. Untuk itu, ia masih mengandalkan masukan dari psikolog tim dan dari para pemain.

“Kan (Rizky Ridho) baru kapten di uji coba. Jadi kita lagi minta masukan dari hasil psikotes kita, ini baru selesai tadi satu per satu pemain dipanggil oleh psikolog untuk bisa berbicara dan siapa yang dia idolakan untuk menjadi idolanya atau kaptennya, dan siapa yang cocok. Informasi-informasi itu di kepelatihan sekarang itu penting sekali. Kita punya tim psikolog, ada tiga orang,” ucap pelatih yang sukses membawa timnas meraih medali perak pada SEA Games 2019 itu.

Timnas U-22 akan mengawali perjuangannya untuk meraih medali emas di SEA Games Kamboja dengan menghadapi Filipina pada 29 April. Setelah itu Garuda Muda berturut-turut akan berjumpa Myanmar (4 Mei), Timor Leste (7 Mei), dan tuan rumah Kamboja (10 Mei) pada fase grup.(ant/abd/faz)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 25 Juni 2024
26o
Kurs