Minggu, 28 April 2024

Jokowi Presiden Berharap Kontingen Indonesia Jadi Juara Umum atau Runner Up SEA Games Kamboja

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden memberikan arahan kepada atlet-atlet Indonesia yang akan berlaga di SEA Games Kamboja, Selasa (2/5/2023), di Halaman Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, pagi hari ini, Selasa (2/5/2023), melepas Kontingen Indonesia yang akan berlaga di ajang SEA Games Ke-32, di Kamboja. Upacara pelepasan berlangsung di Halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Dalam sambutannya, Presiden berharap prestasi Kontingen Indonesia lebih baik dari gelaran SEA Games sebelumnya di Vietnam.

Kalau pada SEA Games Vietnam Atlet-atlet Indonesia mampu meraih 69 medali emas dan finis di peringkat ketiga klasemen akhir, tahun ini diharapkan bisa juara umum atau paling tidak peringkat kedua (runner up).

“Saya hanya pesan, di SEA Games Vietnam kita memperoleh 69 emas dan peringkat kita di peringkat ke-3. Nah, sekarang mestinya lebih dari itu. Saya minta emasnya di atas 69, peringkatnya juga di atas tiga. Pilihannya hanya peringkat satu atau peringkat dua,” ujarnya.

Jokowi Presiden optimistis target yang tidak mudah itu bisa tercapai berbekal berbagai persiapan yang sudah dilakukan.

“Ini bukan target yang gampang, bukan target yang mudah, tetapi saya melihat atlet yang hadir di sini mau pun yang berangkat tentunya telah memiliki bekal yang sangat cukup untuk berlaga di Kamboja,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Dito Ariotedjo Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) melaporkan, Kontingen Indonesia akan mengikuti 31 dari 36 cabang olahraga yang dipertandingkan atau dilombakan.

Total jumlah atlet yang akan mengikuti SEA Games Ke-32 di Kamboja sebanyak 599 orang.

Menpora menyebut, komposisi kontingen Indonesia di SEA Games tahun ini 70 persen atlet junior yang sebagian besar masih berstatus pelajar dan mahasiswa.

Hal itu bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada atlet muda Indonesia tampil di ajang internasional.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
29o
Kurs