Jumat, 29 Maret 2024

Jokowi Presiden Tunjuk Menko PMK sebagai Pelaksana Tugas Menpora

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) senam bareng ratusan peserta yang diikuti dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga sivitas akademika di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta, Jumat (21/10/2022). Foto: Kemenpora

Joko Widodo Presiden memberikan persetujuan atas pengunduran diri Zainudin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) dalam Kabinet Indonesia Maju.

Persetujuan itu diberikan sesudah Amali menyampaikan surat pengunduran resmi kepada Menteri Sekretaris Negara, dan bertemu Presiden, hari ini, Senin (13/3/2023), di Bali.

Dalam keterangannya, Jokowi mengatakan belum menentukan siapa pengganti Amali. Kepala Negara bilang akan memutuskan dan mengumumkan kepada publik dalam waktu dekat.

“Pak Amali tadi pagi sudah bertemu saya, surat pengunduran dirinya sudah disampaikan di Setneg dan tadi saya sudah menyetujui,” ujarnya.

Untuk sementara, Presiden memerintahkan Muhadjir Effendy Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) sebagai pelaksana tugas Menpora.

“Penggantinya ditunggu saja, nanti segera saya putuskan. Tapi, sekarang sudah ada pelaksana tugasnya, Pak Menko PMK,” tegas Jokowi.

Sebelumnya, Zainudin Amali menyampaikan pengunduran diri secara informal kepada Presiden, karena terpilih sebagai Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2023-2027.

Dalam pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (20/2/2023), dia meminta izin Presiden untuk fokus mengurus sepak bola Tanah Air.

Lewat PSSI, Amali berupaya melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional.

Terkait penggantinya, Partai Golkar sudah mengusulkan tiga nama kepada Presiden untuk mengisi posisi Menpora di sisa masa jabatan 2019-2024.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
28o
Kurs