Jumat, 19 Juli 2024

Kejurnas Finswimming Piala Gubernur Jatim Dijadikan Ajang Pemantauan Atlet Puslatda

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Opening ceremony Kejurnas Finswimming 2023 Piala Gubernur Jatim di Kolam Renang, Surabaya pada Jumat (3/11/2023) pagi. Foto: Humas POSSI Jatim

Dengan total peserta hampir 1.000 orang, Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Finswimming 2023 Piala Gubernur Jawa Timur (Jatim) tak ubahnya pemanasan sebelum Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024.

Berdasarkan data dari Pengprov POSSI Jatim sebagai penyelenggara, kejuaraan ini diikuti 990 atlet dari 66 kabupaten/kota dan 16 provinsi di seluruh Indonesia. Ajang ini dilangsungkan di Kolam Renang Dispora Jatim, Surabaya sepanjang akhir pekan ini.

“Bagi kami di Jawa Timur, ajang ini sangat penting untuk memantau atlet Puslatda sekaligus sebagai penilaian untuk sistem promosi dan degradasi,” terang Mirza Muttaqien Ketua Pengprov POSSI Jatim.

Mirza menjelaskan, berdasarkan hasil Babak Kualifikasi (BK) PON XXI 2024, Jatim berhasil meloloskan 29 atlet. Namun, berdasarkan regulasi multiajang empat tahunan itu, hanya 20 di antaranya yang akan tampil di PON.

“Maka kami akan mengadakan promosi dan degradasi untuk menentukan 20 nama yang akan berangkat ke PON tahun depan,” imbuhnya.

Selain itu, Kejurnas Finswimming Piala Gubernur Jatim juga menjadi sarana untuk mengintip catatan waktu. Baik bagi para atlet Jatim, maupun dari daerah pesaing.

Sementara itu, Ali Kuncoro Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Jatim kagum dengan besarnya animo kejuaraan ini. Ia juga memberikan acungan jempol pelaksanaan Kejurnas Finswimming Piala Gubernur Jatim.

“Jumlah peserta selalu meningkat setiap tahun. Jadi ini sangat bagus untuk melahirkan atlet-atlet baru yang ke depan bisa membawa nama harum Indonesia di event internasional,” ujar Ali Kuncoro. (saf/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Jumat, 19 Juli 2024
26o
Kurs