Kamis, 22 Februari 2024

Manajer Timnas Indonesia Beri Motivasi Pemain Setiap Hari

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Sumardji Manajer Timnas Indonesia (kiri) berdiskusi dengan Shin Tae-yong (tengah) usai memimpin pemusatan latihan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Sabtu (10/6/2023) malam. Foto: Antara

Sumardji Manajer Tim Nasional (Timnas) Indonesia mengatakan selalu memberikan suntikan moral para pemain setiap hari untuk menguatkan mental, menjelang FIFA Matchday melawan Palestina dan Argentina.

“Jadi kalau kaitannya soal mental, kami harus kuatkan betul karena itu bagian dari evaluasi, jadi mental pemain timnas senior harus ada perlakuan khusus,” ucap Sumardji dalam keterangannya yang diterima Antara di Surabaya, Minggu (11/6/2023).

Oleh karena itu, kata perwira menengah Polri itu, harus lebih dekat dengan pemain dan selalu memberi nasihat agar tidak takut menghadapi siapapun lawannya.

“Terutama saya harus lebih dekat dengan teman-teman semua, ya intinya saat menghadapi lawan siapapun jangan sampai ada rasa minder, jangan takut, sama saja seperti saat menghadapi lawan yang levelnya sama,” kata Sumardji.

Menurut dia, pemberian motivasi untuk menguatkan mental tidak bisa hanya dilakukan sehari atau dua hari saja. Terlebih, banyak pemain yang belum bergabung. “Setiap hari wajib diberi motivasi untuk menguatkan mental pemain,” tuturnya.

Meski demikian, dirinya untuk sementara tidak menyiapkan tim psikolog khusus bagi para pemain untuk menghadapi dua laga FIFA Matchday yang akan berlangsung pada pertengahan Juni itu.

“Sementara untuk FIFA Matchday kali ini tidak menyiapkan tim psikolog khusus karena jumlah pertandingannya tidak banyak,” kata Sumardji.

Berbeda jika ada kejuaraan dengan jumlah pertandingan banyak, maka dirinya akan langsung mendiskusikannya dengan Shin Tae-yong pelatih.

“Jika ada kejuaraan khusus yang jumlah pertandingannya banyak maka akan didiskusikan kembali dengan coach Shin Tae-yong terkait penambahan tim psikolog yang bisa mendekat bersama-sama tim,” ujar mantan Kapolreta Sidoarjo tersebut.

Sementara itu, Marc Klok pemain tengah Timnas Indonesia mengatakan harus menambah persiapan untuk menghadapi negara yang memiliki ranking di atas Indonesia.

“Harus menambah persiapan supaya hasilnya maksimal dan dapat meraih prestasi juga,” ucapnya.

Selain itu, pemain Persib Bandung tersebut juga berpesan untuk selalu menjaga kondisi agar tetap fit sebelum hingga menjelang pertandingan. “Tetap fit dan enjoy karena akan ada kebanggaan bisa membela Timnas Indonesia,” kata dia. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Kamis, 22 Februari 2024
32o
Kurs