Sabtu, 18 Mei 2024

Menang 2-0 Atas Kirgistan, Timnas Indonesia Awali Asian Games dengan Manis

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Timnas Indonesia U-24 memenangkan pertandingan dengan skor 2-0 atas Kirgistan dalam Asian Games yang digelar di Zheijang Normal University East Stadium, Selasa (19/9/2023) malam. Foto: NOC Indonesia/Naif Al’As Timnas Indonesia U-24 memenangkan pertandingan dengan skor 2-0 atas Kirgistan dalam Asian Games yang digelar di Zheijang Normal University East Stadium, Selasa (19/9/2023) malam. Foto: NOC Indonesia/Naif Al’As

Timnas Indonesia berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 2-0 atas Kirgistan dalam Asian Games yang digelar di Zheijang Normal University East Stadium, Selasa (19/9/2023) malam.

Anak asuh Indra Sjafri itu menggencarkan serangan sejak dimulainya pertandingan babak pertama.

Baru masuk menit ke-6, Indonesia mendapat peluang dari Egy Maulana Vikri yang menyisir dari sisi kanan lapangan, tetapi upayanya mencetak gol cepat berhasil dihalau lawan.

Beranjak ke menit 30, Rahmat Irianto mendapat ruang dan melepaskan tendangan keras, tetapi masih melebar dari gawang Kirgistan.

Selang 10 menit, giliran Titan yang mendapat peluang di mulut gawang, namun lagi-lagi barisan pertahanan Kirgistan mampu menggagalkan skema permainan Timnas Indonesia.

Hingga peluit berakhirnya paruh babak ditiup oleh wasit, tidak ada satu gol pun yang tercatat. Skor kacamata 0-0 mengakhiri pertandingan babak pertama.

Timnas Indonesia U-24 memenangkan pertandingan dengan skor 2-0 atas Kirgistan dalam Asian Games yang digelar di Zheijang Normal University East Stadium, Selasa (19/9/2023) malam. Foto: NOC Indonesia/Naif Al’As
Timnas Indonesia U-24 memenangkan pertandingan dengan skor 2-0 atas Kirgistan dalam Asian Games yang digelar di Zheijang Normal University East Stadium, Selasa (19/9/2023) malam. Foto: NOC Indonesia/Naif Al’As

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia lebih menggencarkan serangan. Tercatat, pada menit ke-55 Egy Maulana Vikri kembali mendapat peluang di depan gawang Kirgistan. Tapi, penyelesaian akhir dari skuad Garuda kembali masih belum on target.

Hingga berada di menit ke-57, upaya Indonesia dalam mencetak gol berbuah manis, yakni ketika Ramai Rumakiek melalui aksi individunya berhasil menusuk ke jantung pertahanan lawan dan melepaskan tendangan keras terukur. Eksekusi akhir Rumakiek itu gagal diantisipasi oleh kiper Kirgistan dan mengubah papan skor menjadi 1-0.

Unggul satu gol, Indonesia lebih menguasai jalannya pertandingan. Berulang kali menggencarkan serangan ke area pertahanan lawan, tetapi kali ini bek Kirgistan lebih rapat.

Memasuki injury time, wasit memberi tambahan waktu sebanyak 10 menit. Sisa menit bermain itu dimanfaatkan oleh Kirgistan dengan keluar lebih menyerang untuk menyamakan kedudukan.

Kirgistan asyik menyerang, Indonesia mampu memanfaatkan kelengahan lini belakang lawan. Alhasil pada menit ke-90+ Hugo Samir berhasil melepaskan tendangan mendatar dari luar kotak penalti yang gagal dihentikan oleh kiper. Skor berubah menjadi 2-0 untuk Indonesia.

Keunggulan dua gol atas Kirgistan itu, bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan babak kedua. Indonesia keluar sebagai pemenang dan sukses mengawali laga perdana Asian Games dengan hasil manis.(ris/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
32o
Kurs