Rabu, 28 Februari 2024

Menpora dan PSSI Mempertimbangkan Sejumlah Stadion Termasuk GBT untuk Piala Dunia U-17

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Dito Ariotedjo Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia. Foto: Antara

Dito Ariotedjo Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) mengungkapkan, pemerintah bersama Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sedang menyiapkan stadion-stadion yang berpotensi menjadi venue Piala Dunia U-17.

“Kami (pemerintah) sekarang menyiapkan seluruh stadion yang berpotensi menjadi venue (Piala Dunia U-17). Dari pemerintah juga sedang mempersiapkan 22 stadion yang ada di Indonesia agar ke depan dapat digunakan optimal,” kata Dito usai menghadiri LPS Monas Half Marathon 2023 di Istora, Jakarta, Minggu (2/7/2023) dilansir Antara.

Dia juga mengonfirmasi stadion yang ditinjau bukan hanya Jakarta International Stadium (JIS). Tapi, beberapa stadion yang berpotensi menjadi venue.

Mengenai pemilihan stadion gelaran FIFA World Cup U-17, Dito mengatakan saat ini masih menunggu keputusan dari FIFA selaku pihak yang berwenang menentukan.

“Saat ini stadion yang sudah memenuhi standar FIFA yaitu Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Stadion Manahan, Stadion Jakabaring dan Stadion I Wayan Dipta. Stadion JIS menjadi opsi (venue FIFA World Cup U-17). Namun, masih ada beberapa catatan tapi memenuhi standar (FIFA) juga,” kata Menteri termuda dalam Kabinet Indonesia Maju.

Rencananya, pekan depan Menpora mengadakan pertemuan dengan PSSI terkait agenda pembahasan persiapan FIFA World Cup U-17 2023.

Sekadar informasi, Piala Dunia U-17 dijadwalkan digelar tanggal 10 November hingga 2 Desember 2023 mendatang. Mengenai penggunaan venue atau stadion, hingga saat ini FIFA masih belum melakukan pengecekan.

Di sisi lain, Stadion Gelora Bung Karno berkemungkinan kecil untuk menggelar pembukaan Piala Dunia U-17 karena bentrok dengan agenda konser Coldplay yang sebelumnya lebih dulu mendapatkan izin penggunaan konser tanggal 15 November 2023. (ant/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Rabu, 28 Februari 2024
26o
Kurs