Minggu, 28 April 2024

PSSI Akui Berat Capai Target FIFA Hadirkan 10-18 Ribu Penonton Tiap Laga Piala Dunia

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Erick Thohir Ketua Umum PSSI, Sabtu (30/9/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mengakui berat mencapai target yang ditentukan Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA), setiap laga Piala Dunia U-17 2023 minimal dihadiri 10-18 ribu penonton.

Erick Thohir Ketua Umum PSSI menyebut, belum berani berjanji akan memenuhi target. Tapi, ia akan mencoba demi meraih kepercayaan FIFA yang sudah menetapkan Indonesia sebagai tuan rumah.

“Ya berat (menenuhi target), tapi siapa suruh jadi tuan rumah, kita harus usaha. Berat, tapi kalau mau dipercaya dunia harus kita coba,” jelasnya saat kunjungan ke Surabaya, Sabtu (30/9/2023).

Termasuk gelaran opening ceremony Piala Dunia U-17 2023, juga Tim Nasional (Timnas) Indonesia dalam grup A yang akan bertanding di Surabaya, Diyakini Erick warga anstusias untuk menyaksikan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT).

“Kalau gak penuh saya salah pilih dong, enggak lah. Sudah keputusan resmi dan saya yakin masyarakat sepak bola Surabaya akan mendukung,” tegasnya.

Semua konsep pelaksanaan Piala Dunia U-17, lanjutnya, sedang dipersiapkan matang. Termasuk kejutan meriah saat pembukaan, yang masih enggan dia bocorkan.

“Otoritas di FIFA cuman kami sebagai panitia lokal sudah mengusulkan, dan FIFA tidak keberatan. Rahasia (ada pertunjukan apa) mudah-mudahan ini bagus,” terangnya.

Ia berharap, Surabaya sebagai satu dari empat daerah yang dipilih jadi tuan rumah lainnya, bangga dan semangat menjadikan seak bola lebih baik lagi.

“Karena saya tahu, yang namanya sepak bola menyeluruh di Indonesia, tapi banyak sekali tokoh-tokoh sepak bola, pemain sepak bola, lahir dari Surabaya. Jumlah klub yang ada di PSSI ada dari Surabaya. Ini ada kepercayaan dari dunia internasional dan pemerintah sepak bola di Surabaya harus makin baik lagi,” terangnya.

Terakhir untuk para suporter, ia pun meminta dukungan. Erick berharap antar pendukung klub bisa menyatu menyaksikan Piala Dunia U-17 2023 sebagai bukti transformasi kalangan suporter yang diharapkan FIFA, berjalan.

“Untuk punya kesepakatan sesuai dengan transformasi yang diharapkan FIFA sepak bola di Indonesia mesti bersih dan prestasi, tetapi juga hal-hal yang kita tahu memastikan suporter pulang dengan selamat ini harus benar-benar tertransformasi,” tandasnya.

Diketahui sebelumnya, Erick mengungkap, FIFA menarget jumlah penonton 10-18 ribu di setiap pertandingan Piala Dunia U-17 2023.

Total empat stadion di Indonesia yang jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 yaitu Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Stadion Manahan Solo, dan Stadion Si Jalak Harupat Bandung. (lta/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
29o
Kurs