Selasa, 27 Februari 2024

PSSI Kolaborasikan Wasit Jepang dan Lokal untuk Tingkatkan Kualitas Perangkat Pertandingan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Yusuke Araki wasit asal Jepang memimpin pertandingan antara Persita Tangerang dan Persikabo 1973 di Indomilk Arena, Tangerang, Minggu (11/12/2023). Foto: PSSI

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) resmi mengkolaborasikan wasit lokal dengan wasit asal Jepang, yang dimulai dalam dua pertandingan pekan ke-22 BRI Liga 1 2023/2024, Minggu (10/12/2023) kemarin.

Ada dua wasit asal Jepang yang bertugas kemarin, yakni Futoshi Nakamura dan Yusuke Araki. Keduanya ditugaskan PSSI untuk menjadi contoh bagi wasit-wasit lokal.

Nakamura memimpin laga antara Persib Bandung dan Persik Kediri di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung. Semengara itu, Yusuke memimpin laga antara Persita Tangerang dan Persikabo 1973 di Indomilk Arena, Tangerang.

Erick Thohir Ketua Umum PSSI menegaskan, meskipun menurunkan wasit dari Jepang untuk kedua laga tersebut, asisten-asisten wasit tetap melibatkan wasit lokal.

“Ini adalah sebuah bentuk kerja sama kita untuk meningkatkan kualitas perangkat pertandingan. Tidak sekadar wasit asing memimpin tapi berkolaborasi dengan wasit lokal,” kata Erick seperti dikutip laman resmi PSSI, Senin (11/12/2023).

Di laga Persib vs Persik, misalnya. Nakamura dibantu oleh Frengki Fredianto (Asisten Wasit 1), M Akbar Jamaluddin (Asisten Wasit 2), dan Aprisman Aranda (Cadangan Wasit). Sedangkan di laga Persita vs Persikabo, Araki dibantu oleh Fuad Qohar (Asisten Wasit 1), Nurhadi (Asisten Wasit 2), dan Candra (Cadangan Wasit).

Erick mengatakan, dengan kolaborasi yang dibangun dengan sumber daya manusia (SDM) yang lebih berpengalaman, maka perlahan hal itu bisa meningkatkan kualitas SDM lokal.

Terlebih sebentar lagi Liga 1 akan mulai menerapkan VAR sebagai solusi bagi masalah pengaturan skor yang menghantui sepakbola Indonesia.

“Sepakbola kita akan meningkat kualitasnya jika diikuti juga dengan peningkatan SDM yang terlibat di dalamnya terutama perangkat pertandingan. Dengan usaha untuk meningkatkan kualitas wasit plus penggunaan VAR nanti kita berharap kompetisi kita semakin berkualitas dari segala sisi termasuk dari kualitas pertandingan yang punya standar tinggi,” ujarnya.

Sebagai informasi, penggunaan wasit asing di Liga 1 hanya sementara, dan sebagai bagian dari transfer of knowledge dari wasit yang punya jam terbang tinggi di level internasional dengan wasit lokal. (bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Selasa, 27 Februari 2024
25o
Kurs