Jumat, 10 Mei 2024

PSSI Usulkan Piala Dunia U-17 Digelar di Empat Kota Termasuk Surabaya

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Perwakilan Konsultan FIFA saat mengecek kondisi lapangan di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Minggu (5/2/2023). Foto: surabaya.go.id

Ada empat kota yang diajukan PSSI ke FIFA untuk menjadi lokasi pertandingan Piala Dunia U-17 tahun 2023. Salah satunya adalah Kota Surabaya.

Erick Thohir Ketua Umum PSSI mengatakan, pihaknya mengajukan empat kota untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17. Selain Surabaya, ada Jakarta, Bandung, dan Surakarta.

“Kami usulkan delapan stadion, terutama enam yang sudah direnovasi untuk U-20, tambah dua. Dari hasil kesepakatan budgeting tadi, sepertinya dikerucutkan jadi empat stadion,” kata Erick Thohir dilansir Antara, Kamis (3/8/2023).

Sebelumnya, ada tujuh kota dengan delapan stadion yang dicalonkan sebagai lokasi berlangsungnya Piala Dunia U-17 2023.

Antara lain Stadion Utama Gelora Bung Karno dan Jakarta International Stadium di Jakarta. Lalu Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung, dan Stadion Pakansari di Bogor.

Kemudian ada Stadion Manahan di Surakarta, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) di Surabaya, Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar, Bali, dan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring di Palembang.

“Memang konteksnya tinggal 100 hari. Kami tidak mau ambil risiko hal-hal yang justru nanti jadi bumerang ketika pada hari H kami tidak siap,” tambah Erick.

Rencananya, Jakarta dan Bandung akan menggelar pertandingan masing-masing dua grup. Sedangkan Surakarta dan Surabaya akan menggelar pertandingan masing-masing satu grup.

“Semifinal dan final digelar di Surakarta, pembukaan di Jakarta, Timnas Indonesia bermain di Jakarta. Itu yang kami usulkan,” ucap Erick.

“Konsekuensinya kalau ada dua grup di Jakarta dan Bandung, tempat latihan harus ditambah. Di Bandung ada tiga sampai empat tempat latihan mungkin harus ditambah satu. Di Jakarta harus ditambah dua,” tambahnya.

Erick menegaskan, FIFA optimistis dengan empat stadion di empat kota yang dipakai. “FIFA confidence empat stadion ini bisa, mereka punya perhitungan sendiri dan kita punya usulan sendiri,” kata Erick.

Lebih lanjut, dari persiapan yang kurang lebih tinggal 100 hari, Erick berharap gelaran Piala Dunia U-17 di Tanah Air berjalan sukses.(ant/saf/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
27o
Kurs