Selasa, 25 Juni 2024

1.692 Atlet Bulu Tangkis se-Indonesia Ikuti Piala Gubernur Jatim di Surabaya

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Piala Gubernur Jatim 2024 diadakan di tiga venue, salah satunya di GOR Sudirman, Surabaya, Senin (20/5/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sebanyak 1.692 atlet bulu tangkis dari ratusan klub di Indonesia mengikuti Piala Gubernur Jatim 2024 yang diadakan di Surabaya pada 20-25 Mei 2024.

Kejuaraan bulu tangkis tersebut dilaksanakan di sejumlah venue, yakni di GOR Sudirman, GOR Suryanaga, dan GOR Merr Surabaya.

Adi Nugroho Wakil Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Piala Gubernur Jatim 2024 mengatakan, kejuaraan ini mempertandingkan kategori tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran dengan kelas usia dini, anak, pemula, remaja hingga dewasa.

“Hadiahnya juga naik dari tahun ke tahun. Tahun ini total ada Rp250 juta,” katanya di GOR Sudirman Surabaya kepada suarasurabaya.net pada Senin (20/5/2024).

Kejuaraan ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya merebutkan poin rangking di tingkat Jatim saja, di mana tahun ini merebutkan poin rangking nasional.

“Jadi ada poin yang hampir setara dengan kejuaraan Sirkuit Nasional (Sirnas) untuk atlet yang ikut,” tuturnya.

Perebutan poin tersebut bergengsi karena menjadi momentum penting bagi setiap atlet yang bertanding untuk membuka jalan menuju Seleksi Nasional (Seleknas).

“Nanti poin rangkingnasional akan dikumpulkan, terus nanti ada aturan dari pusat untuk urutan ke sekian misalnya akan bisa mengikuti Seleknas. Seleknas itu jalur menuju Pelatnas. Jadi kita bekerja sama dengan PBSI Pusat,” jelasnya.

Dengan kembali dihelatnya Piala Gubernur Jatim tahun ini, ia berharap muncul atlet-atlet baru berprestasi yang bisa berbicara banyak di tingkat kejuaraan yang lebih tinggi, serta bisa mengharumkan nama Jatim dan Indonesia.

“Bulu tangkis kita ini kan juga berprestasi di kancah nasional maupun internasional, jadi harapannya terus memajukan olahraga bulu tangkis,” pungkasnya. (ris/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 25 Juni 2024
25o
Kurs