Minggu, 21 Juli 2024

Bernard van Aert Pembalap Indonesia Berpeluang Lolos ke Olimpiade Paris 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Aksi Bernard van Aert pembalap Indonesia dalam ajang UCI Track Nations Cup 2023 di Velodrome Rawamangun, Jakarta pada Sabtu (25/2/2023). Foto: PB ISSI Aksi Bernard van Aert pembalap Indonesia dalam ajang UCI Track Nations Cup 2023 di Velodrome Rawamangun, Jakarta pada Sabtu (25/2/2023). Foto: PB ISSI

Bernard van Aert pembalap andalan Indonesia disebut berpeluang besar lolos ke Olimpiade Paris 2024. Hal itu setelah ia tampil apik di nomor omnium UCI Track Nations Cup 2024 Hongkong.

Raja Sapta Oktohari Ketua KOI mengatakan, UCI Track Nations Cup di Hongkong dan Kanada menjadi penentu sekaligus memberikan peluang yang cukup besar untuk pembalap sepeda Indonesia lolos ke Olimpiade.

“Kita melihat aspek holistik dari segala penjuru persiapan demi persiapan atlet menuju Paris 2024. Ini hanya dari satu cabor yang punya potensi, masih ada banyak cabor lain yang punya potensi dan berupaya mendapatkan tiket ke Paris 2024,” ujar Okto dalam keterangan resminya, Minggu (17/3/2024).

Dadang Haries Poernomo head coach tim balap sepeda Indonesia mengucap syukur atas hasil yang diraih Bernard di Hongkong kali ini. Pembalap 26 tahun itu dirasa sudah memgeluarkan penampilan terbaiknya.

“Buat Bernard, penampilannya hari ini terbaik di sepanjang dia berkarier di sepeda dan memang kecepatannya luar biasa,” ujarnya.

Dadang mengatakan, pada kejuaraan tersebut, semua peserta Olimpiade hadir sehingga semua pembalap bersaing memacu kecepatan dan kualitas, termasuk Bernard yang maksimal dari awal sampai akhir.

Berdasarkan hasil perhitungan tim pelatih, Bernard yang finis di urutan 17 nomor omnium UCI Track Nations Cup Hongkong akan mendapatkan tambahan 192 poin.

Tambahan poin itu diyakini dapat membuat peringkat Road to Paris 2024 Bernard naik ke urutan 17 dari total 22 pebalap yang akan lolos.

“Jadi ada 22 atlet yang akan lolos ke Paris 2024, Bernard masih punya peluang cukup besar karena masih ada 4 pembalap di bawah yang harus tetap diantisipasi,” ujarnya.

Dadang menambahkan, pada 2024 ini Nation Cup digelar sebanyak tiga seri. Para pembalap yang tampil akan berusaha mengumpulkan poin sebanyak mungkin sehingga harus diantisipasi Bernard.

Seri terakhir sekaligus penentu atlet balap sepeda nomor track yang akan lolos ke Paris 2024 akan digelar di UCI Track Nations Cup di Kanada pada 12-14 April 2024 mendatang. (azw/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Minggu, 21 Juli 2024
24o
Kurs