Minggu, 14 Juli 2024

Enam Atlet Panjat Tebing Indonesia Diproyeksikan Lolos ke Olimpiade Paris

Laporan oleh M. Hamim Arifin
Bagikan
Atlet panjat tebing Indonesia Rahmad Adi Mulyono (kanan) beradu kecepatan dengan atlet Korea Selatan Seungbeom Lee (kiri) saat babak kualifikasi kategori Speed IFSC Asian Qualifier Jakarta 2023 di Arena Panjat Tebing GBK, Jakarta, Minggu (12/11/2023). Foto: Antara Atlet panjat tebing Indonesia Rahmad Adi Mulyono (kanan) beradu kecepatan dengan atlet Korea Selatan Seungbeom Lee (kiri) saat babak kualifikasi kategori Speed IFSC Asian Qualifier Jakarta 2023 di Arena Panjat Tebing GBK, Jakarta, Minggu (12/11/2023). Foto: Antara

Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) memproyeksikan sebanyak enam atlet panjat tebing Indonesia akan lolos untuk ikut berkompetisi dalam ajang Olimpiade Paris 2024.

“Proyeksi kami untuk atlet panjat tebing yang lolos ke Olimpiade 2024 karena berpeluang besar dalam proses kualifikasi yang masih berlangsung,” kata Florenciano Hendricus Mutter Sekjen Pengurus Pusat FPTI, Senin (1/4/2024), seperti dikutip Antara.

Saat ini, dua atlet telah mengantongi tiket Olimpiade Paris 2024 yaitu Rahmad Adi Mulyono untuk panjat tebing putra dan Desak Made Rita Kusuma Dewi untuk panjat tebing putri.

Florenciano mengatakan, masih ada dua kejuaraan untuk kualifikasi di China dan Amerika Serikat yang akan diikuti para atlet sehingga jumlah yang lolos berpeluang bertambah sekitar empat orang.

“Untuk nomor speed kemungkinan besar ada dua atlet lagi yang lolos dan untuk nomor combine juga ada dua atlet,” katanya.

Florenciano mengatakan, belum dapat dipastikan siapa saja atlet yang lolos karena akan diketahui melalui hasil pertandingan dalam kejuaraan kualifikasi yang diikuti.

Atlet panjat tebing pada nomor speed, kata dia, memiliki peringkat yang cukup bagus sehingga selain berpeluang lolos juga bisa diharapkan menyabet medali dalam Olimpiade Paris.

Sementara nomor combine, kata dia, berpeluang lolos ke Olimpiade namun tidak diberikan target medali, mengingat secara peringkat masih di bawah atlet-atlet dari negara lain.

Florenciano mengatakan, dua atlet yang sudah mengantongi tiket Olimpiade Paris bersama atlet lainnya yang akan menjalani kualifikasi saat ini terus menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas) di Bekasi, Jawa Barat.

“Pelatnas ini bahkan sudah dimulai sejak 2020 sampai hari ini sehingga persiapan bisa lebih matang,” ujarnya.

Selain dua atlet panjat tebing, sejumlah atlet dari cabang olahraga lain sudah dipastikan lolos untuk berkompetisi dalam Olimpiade Paris yakni Arif Dwi Pangestu atlet panahan putra, Diananda Choirunisa panahan putri, Rifda Irfanaluthfi atlet senam artistik, Fathur Gustafian atlet menembak putra, dan Rio Waida peselancar putra Indonesia. (ant/azw/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Minggu, 14 Juli 2024
21o
Kurs