Sabtu, 27 April 2024

Indonesia Petik Kemenangan Perdana Seusai Tundukkan Vietnam 1-0

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Witan Sulaeman (kiri), Pratama Arhan (tengah), Egy Maulana Vikri (kanan) dalam laga antara timnas Indonesia melawan Vietnam pada lanjutan laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). Foto: PSSI Witan Sulaeman (kiri), Pratama Arhan (tengah), Egy Maulana Vikri (kanan) dalam laga antara timnas Indonesia melawan Vietnam pada lanjutan laga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). Foto: PSSI

Timnas Indonesia memetik kemenangan perdana pada kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F setelah menundukkan Vietnam 1-0 melalui gol Egy Maulana Vikry (52′) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024) malam.

Menurunkan dua pemain anyar sejak awal, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, tim Garuda sempat kesulitan pada babak pertama.

Seperti dilansir Antara pada Jumat (22/3/2024), pasukan Shin Tae-yong (STY) Kepala Pelatih Timnas Indonesia senior terus tertekan dari gaya bermain Vietnam asuhan Philippe Troussier pada 25 menit pertama. Selama setengah jalannya babak pertama itu, Garuda juga sulit untuk menembus garis tengah Vietnam.

Di sisi lain, Vietnam di 25 menit itu mendapatkan peluang melalui tembakan mendatar Nguyen Hoang Duc yang masih menyamping.

Tim berjuluk The Golden Stars itu juga mendapatkan peluang berbahaya pada menit ke-22 ketika penyerangnya terbebas. Beruntungnya, pada momen ini Nathan bek asal SC Heerenveen melakukan tugasnya dengan baik dengan melakukan tackle bersih.

Setelah itu, perlahan Indonesia keluar dari tekanan. Rafael Struick melalui aksinya dari sayap kiri melakukan cut inside dan menendang bola yang masih tepat di pelukan Filip Nguyen kiper Vietnam saat laga hampir berjalan setengah jam.

Indonesia kembali mendapatkan momen pada menit ke-32 ketika Yakob Sayuri melakukan kerja sama dengan Witan Sulaeman. Sayangnya, umpan datar Yakob masih gagal menemui target dan karena dapat diamankan bek Vietnam.

Hingga berakhirnya 45 menit pertama, kedua tim sama-sama gagal mencetak gol untuk menyudahi babak pertama dengan skor kacamata 0-0.

Pada babak kedua, melihat anak-anak asuhnya yang tak bisa berbuat banyak di babak pertama, STY langsung melakukan tiga pergantian di babak kedua dengan memasukkan Pratama Arhan, Sandy Walsh, dan Egy Maulana Vikry untuk menggantikan Yakob Sayuri, Nathan Tjoe-A-On, dan Hokky Caraka.

Keputusan STY itu pun langsung terlihat di lapangan di mana pasukan Merah Putih mengambil inisiatif permainan sejak awal dan kemudian menciptakan peluang pertama melalui first time Ivar Jenner menit ke-49 yang berawal dari lemparan ke dalam Arhan.

Puncaknya, tiga menit berselang, kembali diawali dari lemparan ke dalam Arhan, gol Indonesia tercipta melalui kaki Egy ketika pemain milik Dewa United itu menyontek bola dengan mudah setelah memanfaatkan kesalahan antisipasi Vo Minh Trong bek Vietnam. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Seusai pecah telur, Indonesia bermain semakin percaya diri. Pada menit ke-56, Jay Idzes yang membantu serangan mendapatkan peluang gol ketika mendapatkan umpan crossing Ivar Jenner. Namun, sepakan bek Venezia itu masih lemah sehingga dengan mudah diamankan Filip Nguyen.

Pada menit ke-69, Marselino Ferdinan juga ikut membahayakan gawang Vietnam ketika tendangan kerasnya di kotak penalti masih dapat diamankan Filip Nguyen.

Indonesia hampir menggandakan keunggulan melalui tendangan Egy pada menit-menit akhir laga yang memanfaatkan umpan datar Arhan. Peluang emas itu masih gagal berbuah gol setelah masih tipis di samping gawang Vietnam seusai Filip Nguyen melakukan penyelamatan krusial.

Skor 1-0 untuk kemenangan Indonesia bertahan sampai wasit meniup peluit panjang. Tiga poin perdana ini membawa Indonesia naik ke posisi kedua klasemen sementara Grup F dengan empat poin, selisih dua poin dari Irak di posisi puncak.

Pada laga selanjutnya, Indonesia kembali akan menghadapi Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024) pukul 19.30 WIB.

Berikut susunan pemain Indonesia vs Vietnam:
Indonesia: Muhammad Adi Satryo, Jay Idzes, Rizky Ridho (Ricky Kambuaya 79′), Justin Hubner, Yakob Sayuri (Sandy Walsh 46′), Nathan Tjoe-A-On (Egy Maulana Vikry 46′), Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Rafael Struick (Ramadhan Sananta 86′), Hokky Caraka (Pratama Arhan 46′).
Pelatih: Shin Tae-yong.

Vietnam: Nguyen Filip, Vo Minh Trong (Ho Tan Tai 73′), Bui Tien Dung (Nguyen Van Toan 82′), Pham Xuan Manh, Do Hung Dung (Le Thanh Phong 73′), Nham Manh Dung (Nguyen Tien Linh 61′), Phan Tuan Tai, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Dinh Bac (Vu Van Thanh 61′), Nguyen Thai Son, Bui Hoang Viet Anh.
Pelatih: Philippe Troussier. (ant/ike/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs