Kamis, 2 Mei 2024

Jakpro Sebut Formula E Diundur ke 2025 karena Pemilu

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI hadir dalam pelaksanaan perdana Formula E di Jakarta pada Juni 2022. Foto: FIA Formula E

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) mengungkapkan penyelenggaraan balapan listrik Formula E diundur ke 2025 karena masih berfokus pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Diundur tahun depan, jadi tahun ini kita tidak ikut karena pemilu,” kata Ivan Cahya Permana Project Director Jakarta EPrix 2023 dilansir Antara, Kamis (29/2/2024).

Ivan menegaskan pengunduran ini sudah mutlak kepastiannya yang telah diputuskan sebelum pemilu bersama pemegang lisensi balapan mobil listrik Formula E Operation (FEO).

Ada pun terkait biaya komitmen (commitment fee), pihaknya menyatakan siap mengikuti kesepakatan kontrak yang sudah ada dan dijanjikan.

“Kita mengikuti apa yang ada saja, kan commitment fee sudah ada kontraknya kita ikuti,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, pihak Jakpro akan memberikan pengumuman khusus terkait berapa hari penyelenggaraan Formula E akan diadakan di Indonesia nantinya.

“Nanti itu ada pengumuman khusus kalau sudah yakin,” tambahnya.

Kota Jakarta tidak masuk dalam kalender Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA musim mendatang karena bersamaan waktunya dengan masa Pemilu 2024.

Keterangan resmi Formula E, kota Jakarta dicoret dari kalender balapan musim kesepuluh itu karena pada balapan yang direncanakan digelar pada 8 Juni 2024 di Sirkuit Internasional E-Prix Ancol tersebut bertabrakan dengan masa Pemilu 2024.

Adapun kontrak antara FEO dan JakPro itu berdurasi tiga tahun sejak 2022 hingga 2024 sehingga jika dibatalkan atau diundur maka akan menyalahi kesepakatan dan tercatat sebagai pelanggaran.

Sebelumnya, M Taufik Zoelkifli anggota Komisi B DPRD DKI  menegaskan balap mobil listrik internasional, Formula E 2024 semestinya tetap diselenggarakan di Jakarta karena sudah ada kontrak kerja sama bisnis di antara pihak terkait.

Karena itu, ia meminta PT Jakarta Propertindo (Perseroda) memperdalam komunikasi terkait Formula E karena bersamaan dengan masa Pemilu 2024. (ant/man/saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
29o
Kurs