Sabtu, 18 Mei 2024

Netizen Diminta Tak Serang Pemain Timnas U-23 Jelang Laga Penentuan Lawan Guinea

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Ivar Jenner merayakan golnya ke gawang Irak bersama para suporter Timnas yang hadir di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar. Foto: AFC

Timnas Nasional (Timnas) Indonesia masih mempunyai peluang untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024. Kesempatan itu, bisa didapatkan jika Indonesia mengalahkan Timnas Guinea dalam babak Play-off di Centre National du Football de Clairefontaine, Prancis, pada Kamis (9/5/2024) mendatang.

David Agus Priyanto Dosen Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengatakan, kesempatan itu sangat mungkin diraih oleh Timnas Indonesia. Apalagi, skuad Garuda Muda saai ini memiliki waktu recovery yang lumayan panjang setelah tuntas menjalani Piala Asia AFC U-23 di Qatar.

“Ada satu kesempatan lagi di babak Play-off, saya optimistis Timnas Indonesia bisa menang, ditambah recovery yang cukup untuk mengembalikan kondisi dan stamina para pemain Timnas,” katanya saat dihubungi suarasurabaya.net pada Minggu (5/5/2024).

Ia mengatakan, Guinea yang saat ini berada di peringkat ke-76 FIFA bukan menjadi penghambat bagi Indonesia untuk bisa tampil maksimal. Menurutnya, permainan Timnas di Piala Asia U-23 saat menekuk Australia yang berada di posisi ke-25 dan keberhasilan membungkam Korea Selatan yang berada di peringkat ke-23 FIFA menjadi modal penting untuk percaya diri mengalahkan Guinea.

“Secara komposisi dan permainan, Timnas Indonesia juga mampu memberikan perlawanan,” ucapnya.

Ia menilai, Skuad Garuda Muda dibawah asuhan Shin Tae Yong saat ini, memiliki perkembangan yang lebih bagus dibanding dengan Timnas sebelumnya. Sehingga, ia yakin jika permainan apik itu konsisten dilakukan, maka peluang Indonesia lolos Olimpiade Paris akan terwujud.

Untuk mendukung perjuangan Timnas berjalan dengan maksimal saat menghadapi Guinea, dan untuk melanjutkan sejarah yang telah diukir oleh Timnas U-23 di Piala Asia bisa melesat ke Olimpiade Paris, ia meminta agar suporter atau netizen tidak menyerang pemain di media sosial.

“Pesan saya untuk suporter Timnas, saya harap ada dukungan penuh secara positif. Saya berharap, suporter atau netizen, jangan hanya melihat satu kesalahan saja, tapi perlu menghargai pengorbanan pemain, pelatih, maupun staf yang selama ini mereka bekerja untuk Garuda Muda berusaha untuk lolos ke Olimpiade,” tuturnya.

“Jadi berikanlah dukungan yang positif kepada pemain pemain Tumnas Indonesia, sehingga tidak ada beban kepada pemain untuk bisa lolos ke Olimpiade,” imbuhnya.

Seperti diketahui, pertandingan antara Indonesia melawan Guinea akan digelar secara tertutup atau tanpa penonton. Hal itu dinyatakan secara resmi oleh FIFA dengan alasan keamanan. Meskipun begitu, FIFA memastikan akan tetap menayangkan siaran langsung pertandingan babak play-off tersebut.(ris/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya
Kurs
Exit mobile version