Minggu, 14 Juli 2024

Partisipan dari Tujuh Negara Panaskan Persaingan Green Force Run 2024

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Gelaran Green Force Run 2023 lalu. Foto: Istimewa

Antusias luar biasa ditunjukkan para peserta Green Force Run (GFR) 2024 yang akan berlangsung Minggu (23/6/2024) mendatang.

Hal itu menandakan event lari tahunan sejak empat tahun silam tersebut makin mendapat tempat di hati para pecinta olahraga lari.

Bukan hanya sekitaran Surabaya, atau dalam negeri saja. Ajang GFR 2024 juga menyedot animo pelari dari manca negera.

Dari rekap data partisipan yang akan berlomba pada GFR 2024 ini, tercatat lebih dari 3.500 pelari dari tujuh negara siap bersaing memperebutkan trofi dan medali finisher.

Untuk beberapa kategori yang dilombakan, yaitu 21K (half marathon), 10K, 5K, Family Run (2,5K), hingga Kids Dash.

Dari dalam negeri, para partisipan GFR 2024 datang dari 118 Kota/Kabupaten di 25 provinsi Indonesia. Sedangkan peserta manca negara datang dari Jepang, Australia, India, Filipina, Jersey (Inggris), serta ada pelari asal Kenya, negara Afrika yang sering menjuarai berbagai event atletik bergengsi di dunia. Semuanya bakal memanaskan persaingan memperebutkan podium juara.

Event lari yang yang dihelat DBL Indonesia dan masuk dalam kalender Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) akan start di Monumen Tugu Pahlawan Surabaya. Dari Tugu Pahlawan, peserta akan melintasi ikon-ikon Kota Surabaya yang lain, di antaranya, Monumen Bambu Runcing, Kya-Kya, Monumen Kapal Selam, kawasan Kota Tua, dan masih banyak lagi.

Fadhil Dwinanda salah seorang peserta asal Lhokseumawe, Aceh, sangat antusias untuk menjelajah sekaligus menuntaskan rute baru pada Green Force Run 2024 ini.

Baginya, ini adalah edisi kedua dia berpartisipasi. Fadhil siap turun pada kategori half marathon (21 kilometer). Menariknya, ini menjadi kali pertama dia ikut serta di nomor tersebut.

“Memang pengen pecahin lari 21 kilometer di event ini, sebelumnya di bawah itu, biasanya 10K,” tutur Fadhil dalam keterangannya yang diterima, Kamis (20/6/2024).

Untuk mengikuti Green Force Run 2024, Fadhil berlatih rutin selama dua bulan penuh. Meskipun tidak ada jarak yang begitu jauh. Hanya easy run saja.

Awalnya, Fadhil mengikuti event lari karena FOMO dengan teman-temannya. Sampai membeli sepatu khusus. Namun, pria berusia 29 tahun tersebut akhirnya ketagihan, dan sering mengikuti berbagai event lari nasional.

“Di Aceh enggak pernah ikut lari, malah ikutnya di Surabaya begini,” katanya.

Fadhil menyebut, Geen Force Run merupakan salah satu event yang ramah untuk pelari pemula maupun rekreasi. Apalagi, sepanjang event diramaikan dengan hiburan-hiburan khusus.

“Soalnya kan kalau banyak hiburan, nggak kerasa capeknya, semoga Green Force Run terus rutin digelar tiap tahun dan makin menyedot animo luar biasa,” tandasnya.

Hal serupa juga disampaikan Saferi Budiman yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pada Green Force Run 2024, Budi memilih kategori lomba 21K. Menariknya, Green Force Run 2024 menjadi ajang pertamanya mengikuti event lari.

“Saya mulai rutin lari itu tahun lalu. Ikut GFR (Green Force Run) ini jadi kesempatan saya pertama berlomba dan langsung pilih half marathon,” ujarnya.

Turun di kategori half marathon ternyata sudah diniati oleh Budi sejak lama. “Seandainya GFR ada yang full marathon ya saya ambil itu. Ya, dibuat pemanasan aja sama persiapan buat event-event selanjutnya,” ungkapnya.

Datang jauh dari Lombok ke Surabaya, Budi bukan tanpa modal. Sebelumnya, dia sudah mempersiapkan untuk terjun di GFR 2024.

“Jadwal GFR ini kan sudah ada dari lama. Kebetulan juga ada keperluan buat ke Surabaya jadinya sekalian,” imbuhnya.

Rasa penasaran Budi menaklukkan rute half marathon Green Force Run 2024 begitu besar. Meskipun bakal menjadi rookie di kelas tersebut, Budi percaya bisa finish under cut off time.

“Sebenarnya ikut half marthon itu penasaran aja bagaimana rasanya capek-capek gitu hahahaha,” terangnya.

Budi tidak sendiri lantaran ada beberapa temannya yang juga terjun di Green Force Run 2024. Tapi, teman-temannya bukan berasal dari Lombok. “Yang dari Lombok itu cuma saya saja. Lainnya dari Surabaya dan ada yang empat orang ikut 10K,” tutupnya.

Rangkaian acara Green Force Run 2024 telah dimulai. Dibuka dengan pengambilan race pack yang dilakukan selama empat hari, 19-22 Juni 2024 di Gedung Balai Pemuda, kompleks Alun-Alun Surabaya.

Selama pengambilan race pack, panitia juga menyuguhkan berbagai acara seru. Ada berbagai games seru yang dihadirkan sponsor dan partner Green Force Run 2024 yang bisa diikuti gratis oleh siapa saja.(bil/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Minggu, 14 Juli 2024
21o
Kurs