Selasa, 25 Juni 2024

Peraih Emas Atletik di Olimpiade akan Terima Uang Rp792 Juta

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Lamont Jacobs dari Italia (kanan) memenangkan lomba lari 100 meter putra di Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang. Foto: AP

Badan Atletik Dunia (World Athletics) akan menjadi federasi internasional pertama yang memberikan hadiah uang tunai dalam Olimpiade 2024 di Paris.

Dilansir dari Antara pada Rabu (10/4/2024), peraih medali emas dari setiap 48 nomor olahraga atletik akan menerima hadiah 50.000 Dolar AS atau Rp792,4 juta. Hal ini berlaku untuk pemenang individu maupun beregu.

World Athletics telah menyiapkan total hadiah sebesar 2,4 juta Dolar AS melalui alokasi dana bagi hasil dari Komite Olimpiade Internasional yang diterima federasi setiap empat tahun.

Namun demikian, hadiah uang yang bisa langsung diberikan hanyalah untuk peraih medali emas, sedangkan pemenang medali perak dan perunggu akan diberikan setelah Olimpiade 2028 di Los Angeles.

“Pengenalan hadiah uang bagi peraih medali emas Olimpiade adalah momen penting bagi Badan Atletik Dunia dan olahraga atletik secara keseluruhan, menggarisbawahi komitmen kami untuk memberdayakan para atlet dan mengakui peran penting yang mereka mainkan dalam keberhasilan setiap Olimpiade,” kata Sebastian Coe Presiden World Athletics.

“Kami sekarang juga dapat mendanai perolehan medali emas bagi para atlet di Paris, dengan komitmen untuk memberikan penghargaan kepada ketiga peraih medali di Olimpiade LA28,” imbuhnya.

Coe menjelaskan bahwa Ini adalah kelanjutan dari perjalanan yang dimulai pada 2015.

“Kami melihat semua uang yang diterima World Athletics dari Komite Olimpiade Internasional untuk Olimpiade langsung dikembalikan kepada federasi kami,” terangnya.

Olimpiade 2024 Paris berlangsung dari 26 Juli hingga 11 Agustus. (ant/saf)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 25 Juni 2024
26o
Kurs