Senin, 20 Mei 2024

Agung Laksono Bersedia Islah dengan Kubu Ical

Laporan oleh Sirojul Munir Anif Mubarok
Bagikan

Kubu Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Agung Laksono menyatakan kesediaannya untuk melakukan mediasi dan islah dengan kubu Aburizal Bakrie (ARB), seperti yang diserukan oleh Dewan Pertimbangan (Wantim) Partai Golkar. Hal itu disampaikan oleh Leo Nababan Wakil Sekjen DPP Partai Golkar.

“Kami siap islah dan turut asas,” katanya dalam jumpa pers di Jakarta, seperti dilansir Antara, Jumat (28/11/2014).

Leo mengatakan, sejumlah syarat harus dipenuhi jika islah bisa terwujud. Pertama, islah harus bisa mewujudkan Partai Golkar yang demokratis dalam penyelanggaraan musyawarah nasional (munas) yang dalam salah satu agendanya yaitu pemilihan ketua umum.

Menurut Leo, semua calon ketua umum menandatangani kesepakatan terciptanya demokrasi di Munas dengan menetralkan semua dukungan.

“Segala bentuk dukungan yang ada selama ini kepada calon ketua umum dinihilkan, dinolkan dan ini harus ditandatangani hitam di atas putih,” ujarnya.

Syarat lainnya ialah memberikan kebebasan kepada seluruh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) tingkat provinsi dan kabupaten/kota, serta seluruh ormas sayap Partai Golkar untuk menentukan pilihannya di munas nanti.

“Jadi nanti model pemilihannya melalui pemungutan suara secara tertutup. Semua kader boleh maju dalam tahapan pemilihan,” katanya.

Siapa yang mendapat dukungan suara minimal 30 persen, langsung masuk pada putaran pemilihan kedua untuk bertarung menjadi ketua umum.

“Usulan ini sudah sesuai dengan apa yang ada di konstitusi. Jadi bukan pakai cara lisan, tiba-tiba langsung aklamasi,” katanya.

Di samping itu, Leo juga meminta Partai Golkar mengembalikan hak-hak kader Partai Golkar yang selama ini dipecat oleh Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie karena dianggap berbeda pandangan.(ant/nif/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
27o
Kurs