Jumat, 20 Mei 2022
Pidato Politik Soekarwo-Saifullah Yusuf (bagian 4)

Jatim Layak Jadi Penopang Nusantara

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Soekarwo, Gubernur Jawa Timur menyebut posisi Jawa Timur yang berada persis di tengah-tengah Indonesia menjadikan provinsi ini sangat strategis sebagai penopang utama Indonesia.

“Jatim ini luar biasa, persis di tengah nusantara. Kalau dilihat di peta, pas di tengah dan ini keuntungan kita,” kata Soekarwo, ketika memberikan orasi politik usai pelantikan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (12/2/2014).

Dalam orasi kali ini, Soekarwo didampingi oleh Saifullah Yusuf serta para istri mereka yaitu Nina Kirana Soekarwo, serta Ummu Fatma Saifullah Yusuf.

Soekarwo mengatakan, ketika berkunjung ke beragam daerah, dia sempat bertemu dengan beberapa suku yang mengaku bangga akan keberhasilan Jawa Timur.

“Ketika saya ke pulau Sulu, mereka mengatakan kami ini bagian dari Nusantara dan Jawa Timur juga nusantara,” kata dia. Nusantara, kata Soekarwo terbentuk dari jaman Majapahit. Dan Majapahit berasal dari Jawa Timur.

Karenanya, di periode ke dua pemerintahannya kali ini, Soekarwo bertekat untuk lebih memajukan lagi Jawa Timur. Soekarwo juga berjanji akan fokus pada kesejahteraan dan kewarganegaraan.

“Saat ini tensi politik di negeri ini terlalu berlebihan sehingga tensi kewarganegaraan dan tensi kesejahteraan rakyat jadi memudar,” kata dia. (fik)

Surabaya
Jumat, 20 Mei 2022
30o
Kurs