Kamis, 25 April 2024

Mohammad Saleh Resmi Dilantik Menjadi Ketua DPD RI

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Pelantikan Mohammad Saleh menjadi Ketua DPD RI baru periode 2016-2017, di Gedung Nusantara V Senayan Jakarta, Rabu (12/10/2016). Foto: Faiz suarasurabaya.net

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menggelar Sidang Paripurna Luar Biasa dalam rangka pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan Mohammad Saleh menjadi Ketua DPD RI baru periode 2016-2017, di Gedung Nusantara V Senayan Jakarta, Rabu (12/10/2016).

Pengucapan sumpah tersebut dipimpin oleh Hatta Ali Ketua Mahkamah Agung dan dihadiri oleh anggota DPD RI termasuk GKR Hemas Wakil ketua I dan Farouk Muhammad Wakil Ketua II DPD RI.

Sebelumnya, Maimanah Umar (anggota DPD tertua) Pimpinan sementara DPD dan Riri Damayanti (anggota termuda) Wakil Pimpinan Sementara menanda tangani berita acara keputusan dan secara resmi menyerahkan palu sidang kepada pimpinan baru terpilih.

Sebelum penyerahan palu sidang kepada pimpinan baru, Maimanah Umar pimpinan sementara DPD memberikan pernyataan agar Ketua DPD RI yang baru dapat mengemban tugas dengan baik dan meningkatkan kinerja DPD ke depan.

“Pimpinan DPD terpilih dapat memimpin dan meningkatkan kinerja kelembagaan DPD dalam mengemban tugas konstitusional, untuk memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah,” ujar Maimanah Umar.

Setelah menerima palu sidang, Mohammad Saleh Ketua DPD RI terpilih langsung memimpin sidang untuk pertama kalinya, dan juga mengucapkan terimakasih kepada rekan senator yang telah memberikan keprcayaan kepada dirinya menjadi Ketua DPD RI.

“Dinamika yang terjadi menjadi akan semakin meningkatkan kerjasama kita dalam memperkuat posisi kelembagaan DPD RI dalam memperjuangan kepentingan rakyat dan daerah,” kata dia saat memimpin sidang untuk pertama kalinya.

Mohammad Saleh dengan tegas menyatakan akan mengajak seluruh anggota DPD RI untuk bersih dalam melaksanakan tugasnya. Selain itu Ketua DPD terpilih akan berusaha menjaga keharmonisan dan menghilangkan segala friksi yang ada, juga tak lupa akan menjalin kerjasama yang baik dengan pihak lainnya.

“Saya akan mengajak seluruh anggota DPD RI untuk bersih dalam mengerjakan tugasnya itu penting, kemudian menjaga keharmonisan antar anggota serta menghilangkan friksi yang ada menjadi fokus perhatian kami bersama pimpinan lainnya, selain itu kami juga akan berkerjasama dengan lembaga lainnya, termasuk dengan partai politik pemerintah dan pihak-pihak lainnya,” ujar Saleh.(faz/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs