Selasa, 14 Mei 2024

Presiden Tunjuk Budi Gunawan Menjadi Calon KaBIN Gantikan Sutiyoso

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ade Komarudin dalam jumpa pers didampingi Pratikno Mensesneg, Agus Hermanto dan Taufik Kurniawan keduanya wakil ketua DPR, Jumat, (2/9/2016). Foto: Faiz suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden Menunjuk Komjen Polisi Budi Gunawan menjadi calon Kepala Badan Intelijen Negara (KaBIN) menggantikan Letjend (Purnawiran) Sutiyoso.

Surat penunjukkan Budi Gunawan telah diserahkan ke DPR melalui Pratikno menteri Sekretaris Negara yang datang langsung ke DPR. Pratikno menyerahkan surat tersebut ke pimpinan DPR di lantai 3 gedung Nusantara III, Komplek Parlemen Senayan.

Setelah pertemuan tertutup antara pimpinan DPR dan Mensesneg, mereka kemudian melakukan jumpa pers untuk menyampaikan isi surat dari presiden tersebut.

Ade Komarudin ketua DPR mengatakan kalau Mensesneg telah menyerahkan surat dari presiden perihal penunjukkan Komjen Polisi Budi Gunawan menjadi calon KaBIN. Surat dikirim ke DPR untuk dimintakan persetujuannya.

“Kami telah menerima surat dari presiden yang disampaikan Mensesneg soal penunjukkan pak BG menjadi calon Kepala BIN. Selanjutnya, DPR akan memproses surat tersebut untuk dilakukan fit and proper test,” ujar Ade Komarudin dalam jumpa pers didampingi Pratikno Mensesneg, Agus Hermanto dan Taufik Kurniawan keduanya wakil ketua DPR, Jumat, (2/9/2016).

Dia mengatakan, setelah menerima surat dari presiden ini, pimpinan DPR akan mengadakan rapat hari Senin mendatang, yang selanjutnya akan diumumkan dalam rapat Paripurna. Setelah Paripurna, maka proses berikutnya adalah uju kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di komisi I.(faz/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
25o
Kurs