Kamis, 28 Maret 2024

Agun Gunandjar Sudarsa Terpilih Menjadi Ketua Pansus Angket KPK

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Agun Gunandjar Sudarsa anggota fraksi partai Golkar. Foto: Faiz suarasurabaya.net

Agun Gunandjar Sudarsa anggota fraksi partai Golkar terpilih menjadi ketua Panitia Khusus (Pansus) angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Agun dipilih dalam rapat perdana yang berlangsung tertutup di ruang pimpinan DPR RI, gedung Nusantara III Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (7/6/2017).

Rapat perdana ini dipimpin langsung Fadli Zon Wakil ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Korpolkam).

Fadli menjelaskan kalau Agun Gunandjar terpilih sebagai ketua Pansus angket KPK dengan wakilnya sebanyak tiga orang.

“Jadi, rapat tadi kita sudah bersepakat memilih pak Agun sebagai ketuanya, kemudian wakilnya ada tiga, masing-masing Risa Mariska dari fraksi PDI Perjuangan, Taufiqulhadi dari NasDem, dan Dossy Iskandar dari Hanura,” ujar Fadli usai rapat.

Sementara Agun mengatakan kalau Pansus akan segera membuat agenda rapat meyusun mekanisme kerja, termasuk anggaran pembiayaannya.

“Tadi dalam rapat perdana sudah disepakati, kita akan segera menyusun agenda kerja, menyusun mekanisme kerja termasuk anggaran pembiayaannya. Kan itu diberikan kesempatan kepada kami pimpinan untuk berembug lebih dulu, setelah itu, kami akan mengadakan rapat dengan seluruh anggota pansus angket untuk memutuskan,” kata Agun.

Dia melihat, pembentukan Pansus Angket KPK ini adalah kesempatan dan peluang yang baik bagi masyarakat dan DPR untuk kembali memberikan garansi kalau KPK ke depan akan selalu tetap ada.

Tetapi, menurut Agun, KPK tersebut harus menjalankan penegakkan hukum harus menjaga prinsip-prinsip hukum, demokrasi, dan hak asasi manusia, karena rujukannya adalah Konstitusi.(faz/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs