Sabtu, 4 Mei 2024

KPU Masih Menerima Masukan Terkait Penataan Dapil untuk Pemilu 2019

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Wahyu Setiawan Komisioner KPU memberikan keterangan terkait penetapan dapil untuk Pemilu 2019, Rabu (18/4/2018), di Kantor Pusat KPU, Jakarta Pusat. Foto: Farid suarasurabaya.net

Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (18/4/2018), mengumumkan penetapan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi Anggota DPR RI, serta DPRD Kabupaten/Kota untuk Pemilu 2019.

Walau sudah ditetapkan, KPU masih menerima saran dan masukan dari partai politik.

Tapi, hal itu sebatas untuk memperbaiki redaksional, misalnya ada kesalahan nama daerah, kabupaten/kota.

Wahyu Setiawan Komisioner KPU mengatakan untuk pembagian wilayah dapil, tidak bisa diubah. Karena, prosesnya sudah sesuai tujuh prinsip penataan dapil, antara lain kesetaraan nilai suara dan proporsionalitas.

“Perbaikan hanya memungkinkan di redaksionalnya saja, misalnya ada nama kecamatan, kabupaten/kota yang mungkin kurang tepat penulisannya. Sedangkan pembagian dapilnya sudah sesuai tujuh prinsip penataan dapil,” ujar Wahyu, di Kantor Pusat KPU, Jakarta Pusat, Rabu (18/4/2018).

Sebelumnya, Ilham Saputra Komisioner KPU menjelaskan, penetapan dapil dan alokasi kursi anggota dewan berdasarkan Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) dari Kemendagri.

Dia menegaskan, dalam proses penataan dapil, KPU Pusat dibantu KPU Provinsi, dan KPU Kabupaten/Kota yang memberikan rekomendasi terkait daerah yang akan dijadikan tempat pemilihan berdasarkan uji publik.

Sekadar diketahui, dengan adanya penataan dapil untuk Pemilu 2019, jumlah dapil untuk pemilihan anggota DPR RI menjadi 80, atau bertambah tiga dapil dari Pemilu 2014 yang cuma 77 dapil.

Bertambahnya dapil itu diikuti dengan penambahan jumlah kursi untuk DPR RI menjadi 575, atau lebih banyak 15 kursi dari pemilu sebelumnya, yaitu 560 anggota dewan yang duduk di Senayan. (rid/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
27o
Kurs