Kamis, 30 Juni 2022

Bawaslu Lamongan Temukan Oknum Partai Bawa Uang Rp1 Miliar Jelang Pencoblosan

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi.

Bawaslu Lamongan mengamankan beberapa orang diduga dari partai politik tertentu membawa uang tunai sejumlah Rp1 miliar pada Senin (15/4/2019) malam.

Aang Kunaifi Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jatim membenarkan hal ini. Dia mengatakan, pengamanan ini terjadi di sekitar pusat Kabupaten Lamongan.

“Semalam (Bawaslu, red) bersama teman-teman kepolisian mendapati beberapa orang yang kemudian kedapatan membawa uang dengan jumlah yang cukup lumayan, orang partai,” kata Aang kepada suarasurabaya.net, Selasa (16/4/2019).

Saat ini, lanjut dia, Bawaslu Lamongan bersama kepolisian masih menyelidiki apakah uang itu berkaitan upaya politik uang (money politics) menjelang pencoblosan 17 April nanti.

“Masih proses investigasi dan klarifikasi ke beberapa pihak,” ujar Aang.

Aang enggan menyampaikan oknum dari partai mana yang diamankan Bawaslu Lamongan bersama polisi kemarin malam.

Sementara itu, AKBP Feby DP Hutagalung Kapolres Lamongan hingga berita ini ditampilkan masih belum bisa dikonfirmasi.

Perlu diketahui, pada masa tenang Pemilu 2019 ini Bawaslu Jatim menggelar Patroli Pengawasan Anti Politik Uang bersama 130 ribu petugas TPS di seluruh Jawa Timur.

Aang mengatakan, patroli di hari tenang ini digelar untuk mencegah terjadinya praktek politik uang menjelang pemungutan suara Pemilu 2019.

Bawaslu Jatim membagi petugasnya menjadi enam tim yang mendampingi patroli petugas lain ke 38 kabupaten/kota di Jawa Timur.

Masing-masing tim bertanggung jawab untuk 6-7 kabupaten/kota yang bergerak sejak 14 April kemarin sampai hari ini, Selasa (16/4/2019).

Selain fokus pada pencegahan politik uang, Patroli Pengawasan juga untuk mengawasi TPS rawan dan penurunan APK di sejumlah titik di Jawa Timur.(den/tin)

Surabaya
Kamis, 30 Juni 2022
32o
Kurs