Sabtu, 18 Mei 2024

Petugas PPK Kelelahan, Rekapitulasi di KPU Surabaya Dijeda

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Proses rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat kota di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya, Sabtu (4/5/2019). Foto: Anggi suarasurabaya.net

Proses rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat kota di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya, Sabtu (4/5/2019), ditunda. Sebab, saat petugas PPK Krembangan akan membacakan hasil perolehan suara, mendadak kelelahan dan menyatakan tidak sanggup melanjutkan rekapitulasi.

Miftakhul Gufron Komisioner KPU Surabaya mengatakan, rekapitulasi yang seharusnya dimulai pukul 13.00 WIB akhirnya ditunda dan rencananya akan dilanjutkan pukul 19.00 WIB. Ini mengingat kondisi petugas PPK yang tidak memungkinkan untuk melanjutkan rekapitulasi.

Bahkan, dua petugas PPK Krembangan sempat dilarikan ke klinik terdekat, karena kondisinya yang lemas. Menurut Gufron, petugas PPK mengalami kelelahan karena proses rekapitulasi di tingkat kecamatan yang dinilainya cukup panjang dan menguras tenaga.

Untuk itu, pihaknya memaklumi atas kondisi ini. Dia pun menyarankan agar petugas PPK pulang untuk istirahat dan proses rekapitulasi ini ditunda sementara. Selain faktor kelelahan, beberapa petugas juga ada yang meminta izin untuk nyekar (ziarah) ke makam keluarganya.

“Belum dimulai tadi. Karena teman-teman PPK butuh recovery. Tadi sudah dibawa ke klinik, ada 2 orang. Ya intinya kelelahan, karena kan proses rekapitulasi tingkat kecamatan dengan kota beda. Kecamatan prosesnya lebih panjang, dan mereka tidak cukup waktu untuk memulihkan tenaga buat ini. Mereka psikis dan fisik belum siap,” kata dia.

Sampai saat ini, kata dia, sudah ada 18 kecamatan yang selesai direkapitulasi. Pada hari kelima ini, ada 6 kecamatan yang siap dilakukan rekapitulasi. Di antaranya, Kecamatan Krembangan, Kecamatan Tegalsari, Kecamatan Tandes, Kecamatan Bubutan, Kecamatan Sukomanunggal, dan Kecamatan Sukolilo. (ang/iss/bid)

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
30o
Kurs