Jumat, 29 Maret 2024

KPU Jatim: Persiapan PSU Tuntas, Partisipasi Pemilih Tidak Terlalu Anjlok

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Insan Qoriawan Anggota KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan di depan ruangannya, Jumat (26/4/2019). Foto: Denza suarasurabaya.net

Sejumlah 22 TPS di berbagai wilayah di Jawa Timur akan dan sebagian sudah menyelenggarakan pemungutan suara ulang (PSU) sampai besok, Sabtu (27/4/2019). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur memastikan, tidak ada kendala pada persiapan pelaksanaan PSU.

“Alhamdulillah, gerak cepat, kami sudah koordinasi dengan KPU RI, semua kebutuhan (anggaran, red) untuk PSU sudah dipenuhi, dibantu help desk KPU RI. InsyaAllah pelaksanaannya tidak ada masalah,” kata Insanul Qoriawan Anggota KPU Jatim Divisi Teknis Penyelenggaraan, Jumat (26/4/2019).

Persiapan PSU, menurut Insan cukup membutuhkan satu hari sebelum pelaksanaan. Petugas KPPS terutama menyampaikan formulir undangan memilih atau C6 kepada seluruh pemilik hak suara yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Jadi untuk penyelenggaraan PSU, kewajiban kami di KPU hanya menyampaikan undangan. Tidak perlu lagi melakukan sosialisasi. Jadi sehari sebelum pelaksanaan kami sampaikan formulir C6 ke masyarakat, itu sudah lebih dari cukup,” ujarnya.

PSU di setiap TPS diselenggarakan di tempat yang sama seperti halnya hari-H pemungutan suara 17 April lalu dan petugasnya pun sama seperti petugas yang menyelenggarakan pemungutan suara pada hari-H.

Insan memastikan, honor dengan nominal sama akan diberikan kepada tujuh petugas KPPS di setiap TPS yang melaksanakan PSU. Kecuali untuk TPS yang ditetapkan PSU karena dugaan pidana pemilu di Madura.

Khusus untuk dua TPS di Sumenep dan Sampang, seluruh petugas KPPS diganti karena pada hari-H pemungutan suara ada oknum KPPS itu yang melakukan pencoblosan surat suara sebelum maupun setelah pemungutan suara berlangsung.

Sampai hari ini, sebagian besar TPS sudah melaksanakan PSU dengan lancar. Beberapa yang sudah melaksanakan seperti TPS di Kabupaten Bangkalan, Sumenep, Sampang, Kabupaten dan Kota Mojokerto, Kota Malang dan Probolinggo.

“Tinggal TPS di tiga daerah yang akan dilaksanakan besok. Surabaya ada dua TPS, lalu di Kabupaten Situbondo, dan ada tambahan satu lagi di Kabupaten Sidoarjo,” ujarnya ketika ditemui suarasurabaya.net di depan kantornya.

Insan mengakui, dengan digelarnya PSU di beberapa TPS akan ada kemungkinan turunnya angka partisipasi masyarakat saat pemungutan suara. Namun, berdasarkan pengamatannya di beberapa TPS yang menggelar PSU, partisipasi tidak terlalu anjlok.

“Seperti PSU di Raci, Bangil Kabupaten Pasuruan hari ini. Saya baru dari sana, partisipasi masyarakat tidak terlalu merosot. Dari seluruh DPT dan DPTb, sampai pukul 10.30 WIB tadi, yang tidak datang hanya 12 orang. Tidak jauh berbeda saat pemungutan 17 April,” katanya.

Dia mengakui, ada sedikit penurunan pada saat pelaksanaan PSU di Kota Malang yang digelar kemarin, Kamis (25/4/2019). Tapi itu pun tidak terlalu banyak. Dia juga memastikan, berkurangnya partisipasi ini tidak terlalu berpengaruh pada partisipasi pemilu nasional.

Berikut ini daftar TPS di kabupaten/kota di Jawa Timur yang harus Pemungutan Suara Ulang (PSU) paling lambat besok, Sabtu (27/4/2019).

1. TPS 3 Masalima, Kecamatan Masalembu, Sumenep
2. TPS 1 Awang-awang, Kecamatan Wonosari, Mojokerto
3. TPS 10 Dahanrejo, Kecamatan Kebomas, Gresik
4. TPS 7 Kranggan, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto
5. TPS 15 Banyoning Laok, Kecamatan Geger, Bangkalan
6. TPS 3 Atrapang, Kecamatan Banyuates, Sampang
7. TPS 6 Madupat, Kecamatan Camplong, Sampang
8. TPS 9 Rabasan, Kecamatan Camplong, Sampang
9. TPS 6 Bancangan, Kecamatan Sambit, Ponorogo
10. TPS 14 Penanggungan, Kecamatan Klojen, Kota Malang
11. TPS 9 Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang
12. TPS 17 Sukoharjo, Kecamatan Klojen, Kota Malang
13. TPS 3 Timahan, Kecamatan Kampak, Trenggalek
14. TPS 1 Awar-awar, Kecamatan Asembagus, Situbondo
15. TPS 28 Rungkut Menanggal, Kecamatan Gununganyar, Surabaya
16. TPS 11 Lidah Kulon, Kecamatan Lakarsantri, Surabaya
17. TPS 14 Raci, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan
18. TPS 16 Raci, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan.
19. TPS 22 Mimbaan, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo
20. TPS 23 Mimbaan, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo
21. TPS 9 Kelopoh Sepuluh, Sukodono, Sidoarjo
22. TPS 9 Kampak, Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan.(den/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs