Senin, 3 Oktober 2022

73 Pasien di RS Lapangan Akan Difasilitasi Jemput Bola Pilkada 2020

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi. Penyintas Covid-19 pulang dari RS Lapangan, Surabaya. Foto: Anton Kusnanto

Dari 5.184 TPS di Surabaya, beberapa di antaranya akan menerapkan layanan jemput bola untuk pemilih non reguler, dalam pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Serentak 2020.

Soeprayitno Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Teknis Penyelenggaraan saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Senin (7/12/2020) mengatakan, pemilih non reguler itu misalnya, pemilih yang sedang dirawat di rumah sakit, maka TPS terdekat akan melakukan jemput bola.

Kemudian pemilih yang melakukan isolasi mandiri, nantinya petugas KPPS dari TPS terdekat akan mendatangi rumahnya dengan mengenakan APD lengkap, bersama petugas pengawas dan saksi dari masing-masing paslon.

Berdasarkan data yang diimpun KPU Surabaya, cukup banyak pasien yang masuk dalam DPT, namun mereka sedang menjalani perawatan di rumah sakit. Salah satunya di RS lapangan di Jalan Indrapura Surabaya.

Febryan Kiswanto Ketua PPK Krembangan mengatakan ada sekitar 73 pasien di RS lapangan yang masuk dalam DPT. 73 pasien itu akan difasilitasi penggunaan hak pilihnya, dengan jemput bola.

Petugas KPPS yang bertugas di RS Lapangan, kata Febri, dilengkapi dengan APD. Menggunakan hazmat dan lainnya. Dalam kegiatan pemungutan suara nantinya, petugas akan dibantu dengan tenaga kesehatan di sana agar tidak berkontak langsung dengan pasien Covid-19.

“Sampai hari ini teman-teman sudah menyiapkan TPSnya dengan baik, dengan penuh semangat, antusias. Sehingga nanti harapannya bisa berjalan dengan baik. Untuk pemilih khusus seperti di tahanan dan RS lapangan, kami sudah berkoordinasi lebih untuk memastikan bahwa kami dari penyelanggara semua tetap menerapkan prokes. Sehingga hak pilih tetap tersampaikan, tapi juga selamat dan sehat,” ujarnya.

Selain RS lapangan, kegiatan jemput bola ini juga dilakukan di rumah sakit lainnya seperti RS Soetomo, dengan mekanisme yang memerhatikan protokol kesehatan ketat. Fasilitasi jemput bola ini rencananya dimulai pukul 12 siang nanti.

Pemungutan Suara Pilkada Surabaya 2020 ini berlangsung mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB di 154 Kelurahan dan 31 Kecamatan.

Pilkada Surabaya 2020 diikuti dua pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya. Eri Cahyadi-Armudji Paslon nomor urut 1 dan Machfud Arifin-Mujiaman Paslon nomor urut 2. (ang/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Surabaya
Senin, 3 Oktober 2022
31o
Kurs