Jumat, 19 April 2024
Refleksi 24 Tahun Kudatuli

Bambang DH : Alat Negara Tak Boleh Lagi Dipakai Alat Kekuasaan

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Bambang DH Anggota Komisi III DPR RI. Foto : Istimewa

Tanggal 27 Juli 24 tahun lalu, suasana Jakarta mencekam. Kantor DPP Partai Demokrasi Indonesia (PDI) diambil alih paksa lewat pertumpahan darah. Peristiwa yang dikenal sebagai Kudatuli (Kerusuhan Dua Puluh Tujuh Juli) ini adalah salah satu peristiwa terkelam dalam sejarah demokrasi Indonesia.

Bambang DH Anggota Komisi III DPR RI berpendapat, dalam catatan sejarah era Orde Baru di bawah Soeharto dinilai mengekang kebebasan demokrasi rakyat Indonesia. Sementara itu, Soerjadi di PDI juga merupakan ‘boneka’ pemerintah orde baru, sehingga warga terutama massa pro-Mega bergolak melawan. Megawati sebagai Putri Presiden pertama Indonesia, Soekarno kala itu berhasil menjadi pengobar semangat perjuangan agar Indonesia menjadi negara demokratis.

“Tragedi 27 Juli contoh praktik kekuasaan yang frustasi menghadapi arus bawah/rakyat. Kekerasan selalu dianggap menjadi solusi bagi kekuasaan. Dalam alam demokrasi yang menjunjung tinggi penghargaan terhadap HAM, praktik seperti ini tidak boleh terjadi lagi,” ujar Bambang DH dalam rilis yang diterima suarasurabaya.net, Senin (27/7/2020).

Dia menambahkan, peristiwa Kudatuli harus diketahui dan dipahami oleh semua generasi bangsa, terutama kalangan milenial. Tragedi ini bukan sekadar perjuangan Pro-Mega tapi juga perjuangan semua lapisan masyarakat yang sudah jengah dengan kediktatoran orde baru. Sabtu Kelabu juga menjadi tonggak dimulainya reformasi politik dan kebebasan demokrasi di Indonesia.

“Ini harus menjadi pelajaran bagi kita saat ini dan generasi-generasi mendatang. Jangan pernah alat negara digunakan sebagai alat kekuasaan. Bisa ambruk negara ini kalau hal itu dilakukan. Beruntung saat Kudatuli terjadi semua elemen masyarakat, tidak hanya pro-Mega, tapi juga mahasiswa, ormas dan warga biasa bersatu padu melawan rezim orde baru,” ujarnya.

Bambang DH juga mendesak Pemerintah segera menuntaskan kasus pelanggaran berat ini. Jalan panjang memang ditempuh oleh PDIP untuk menjernihkan peristiwa ini. Sebab hingga kini para pelaku penyerbuan masih bebas berkeliaran. Terkesan ‘dilindungi’ oleh hukum.

“Kudatuli adalah kasus pelanggaran HAM berat masa lalu yang harus dituntaskan penyelidikannya.Harus diadili sesuai dengan ketentuan UU No 26 Tahun 2000 tentang Pangadilan HAM,” katanya.

Sekadar diketahui, meletusnya Kudatuli di Jakarta merembet ke daerah-daerah termasuk Surabaya. Bambang DH menjadi salah satu komando pro-Mega di Jatim. Pada Minggu tanggal 28 Juli 1996 Posko ProMeg Jatim di Jalan Pandegiling, Surabaya dikepung oleh tentara. Saat itu Bambang DH sempat disandera dan baru dibebaskan setelah campur tangan Cak Roes (Pejuang “45).

Sementara itu, menurut data saat Komnas HAM dipimpin oleh Munawir Sjadzali, diungkap data peristiwa Kudatuli memakan korban 5 orang tewas, 149 luka-luka, dan 23 orang hilang. Laporan lembaga yang itu mencurigai keterlibatan langsung pemerintah.

“Meski hingga saat ini belum juga ada angin segar penuntasan kasus Kudatuli, kami percaya masih ada niat baik dari Komnas HAM dan negara untuk menuntaskan kasus ini juga,” ujarnya. (bid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs