Kamis, 25 April 2024

KPU Pusat Sebut Kendala Distribusi Logistik Pilkada dan APD Sudah Bisa Diatasi

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Petugas membongkar muatan berisi surat suara dengan dijaga ketat aparat di gudang logistik, Selasa (24/11/2020). Foto: Anton suarasurabaya.net

Pramono Ubaid Tanthowi Wakil Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat mengatakan, seluruh logistik Pilkada 2020 dan alat pelindung diri (APD) sudah terdistribusi sampai ke tingkat desa dan kelurahan.

Rencananya, siang sampai malam hari ini, Selasa (8/12/2020), perlengkapan itu akan dikirim ke tempat pemungutan suara (TPS).

“Seluruh logistik Pilkada 2020, baik perlengkapan pemungutan suara mau pun APD telah terdistribusi hingga ke tingkat desa/kelurahan. Selanjutnya, mulai siang hingga malam hari akan digeser ke TPS,” ujarnya di Jakarta, Selasa (8/12/2020).

Menurut Pramono, ada beberapa kendala dalam proses pengiriman logistik dan APD, antara lain ombak tinggi di Pulau Bawean (Gresik) dan Pulau Masalembu (Sumenep), sehingga seluruh pelayaran dihentikan.

Kemudian, ombak tinggi juga sempat menghambat pengiriman logistik Pilkada untuk tiga TPS di tiga pulau kecil Kecamatan Tambelan, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

Lalu, ada kekurangan 27 set Formulir C berhologram di Kabupaten Lampung Selatan. Tapi, barang itu sudah mendapat pasokan dari penyedia di Jakarta.

Selain itu, ada kekurangan 40 buah thermo gun untuk dikirim ke Kota Cilegon. Pramono bilang, kemarin sore sudah datang kiriman dari penyedia sebanyak 24 buah, sehingga masih ada kurang 16 buah.

“Berbagai masalah distribusi logistik untuk pelaksanaan pemungutan suara besok, sudah ada solusinya,” tegasnya.

Dia berharap, besok seluruh logistik, baik perlengkapan pemungutan suara mau pun APD bisa dipakai di seluruh TPS.(rid/dfn/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs