Jumat, 26 April 2024

KPU Jatim: Logistik Pilkada Sudah Terdistribusi ke Semua Wilayah

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi. Pilkada Serentak 2020.

Nurul Amalia Komisioner Divisi Data dan Informasi KPU Jatim mengatakan, pendistribusian logistik Pilkada Serentak 2020 berjalan dengan lancar, termasuk ke wilayah yang sulit terjangkau seperti di Pulau Masalembu dan Pulau Bawean.

Untuk daerah normal, kata Nurul, distribusi logistik per hari ini sudah tiba di tingkat Kelurahan. Selanjutnya besok dini hari, Rabu (9/12/2020), kotak suara bergeser ke TPS.

“Alhamdulillah distribusi logistik aman, sampai ke wilayah yang sulit terjangkau dan daerah terpencil yang aksesnya butuh perhatian. Untuk daerah normal, distribusi sudah masuk tingkat kelurahan dan besok biasanya dini hari, baru kotak suara bergeser ke TPS,” kata Nurul saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Selasa (8/12/2020).

Nurul mengatakan, ada 19 kabupaten dan kota di Jatim yang menggelar Pilkada 2020 besok. Dengan total sebanyak 48.607 TPS, dan 14 di antaranya merupakan TPS khusus yang melayanani pemungutan suara di rutan.

“Kalau pemilih yang sakit, bisa mengurus A5 atau pindah pilih di kelurahan masing-masing. Hari ini terakhir. Syaratnya harus tercantum di DPT. Kalau nggak ada di DPT, tidak bisa mengurus A5,” kata dia.

“Syarat pendirian TPS itu harus ada DPTnya, yang sudah ditetapkan pada 28 Oktober lalu. Sehingga tidak memungkinkan membuka TPS di rumah sakit, karena tidak menjamin kalau pasien itu akan ada terus di sana sampai coblosan. Kalau rutan kan kita bisa lihat masa (waktu, red) sampai kapan dia di rutan,” jelasnya.

Sementara untuk warga yang tidak terdaftar dalam DPT, lanjut dia, bisa langsung mendatangi TPS pada pukul 12.00-13.00 WIB dengan membawa KTP elektronik.

Sekedar diketahui, Pilkada Serentak akan digelar besok, Rabu (9/12/2020). 19 Kabupaten dan Kota di Jatim yang menyelenggarakan pilkada yaitu di Kabupaten Sumenep, Kabupaten Trenggalek, Kota Surabaya, Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupaten Malang, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Mojokerto, Kota Pasuruan, Kabupaten Tuban, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Jember, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Kediri. (ang)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs