Kamis, 9 Mei 2024

Meski Dipecah Belah, Kecamatan Basis PDIP Telak Menangkan Eri-Armudji

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Rini Indriani membantu Eri Cahyadi Calon Wali Kota Surabaya nomor urut 1 memakai sarung tangan sebelum mencoblos, di TPS 25, Ketintang Selatan II, Karah, Jambangan, Surabaya, Rabu (9/12/2020). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Anas Karno Kepala Badan Pemenangan (BP) Pemilu DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya mengatakan, hasil Pilkada Surabaya menunjukkan bahwa Kota Surabaya adalah basis kader Banteng sejati, yang selalu tegak lurus dengan apa yang menjadi perintah Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

“Di kecamatan-kecamatan di mana PDI Perjuangan coba dipecah-belah oleh lawan, justru meraih kemenangan signifikan. Mereka yang memecah belah lupa, bahwa PDIP besar bukan hanya karena partai ini telah melekat di hati rakyat, tapi juga karena gerak partai ini dalam kebijakan di Surabaya yang selalu menghadirkan program-program yang membantu masyarakat,” ujar Anas Karno, Minggu (13/12/2020).

Anas Karno bilang, di sejumlah kecamatan yang dikenal sebagai basis partai berlambang banteng tersebut, Eri Cahyadi menuai kemenangan mutlak. Di Kecamatan Sawahan, berdasarkann rapat pleno Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Eri-Armudji meraup 43.637 suara (59,85 persen), jauh meninggalkan kompetitornya, Machfud Arifin dan Mujiaman, yang meraih 29.277 (40,15 persen).

Demikian pula di kecamatan lain yang selama ini menjadi kekuatan PDIP, seperti Tambaksari, juga bulat memenangkan Eri-Armudji. Di Tambaksari, Eri memperoleh 49.280 suara (62,88 persen), melampaui Machfud-Mujiaman 29.093 suara (37,12 persen). Pemilih Eri-Armudji di Sawahan dan Tambaksari juga termasuk paling banyak.

Dia menambahkan, selama hampir 20 tahun, kepemimpinan PDIP telah hadir di Surabaya sejak era Wali Kota Bambang DH hingga Tri Rismaharini, dan kini akan berlanjut dengan kepemimpinan Eri Cahyadi dan Armudji.

“Meski berbeda orang, garis kebijakannya sama, yaitu pro rakyat. Kita bisa melihat sejak era Pak Bambang, pendidikan digratiskan. Lalu dilanjutkan oleh Bu Risma, juga dengann berbagai terobosan untuk memanusiakan wong cilik seperti dengan pemberian makanan gratis tiap hari dan beasiswa. Ke depan, wajah kemanusiaan juga akan menghiasi setiap kebijakan Eri-Armudji,” ujarnya.

”Garis kebijakan itulah yang menjelaskan mengapa PDIP tak bisa dipecah-belah, karena rakyat melihatnnya ke partai, bukan ke orang per orang yang larut dalam politik pecah-belah pihak lawan,” tegas Anas. (bid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
26o
Kurs