Sabtu, 20 April 2024

DPR: Pemerintah Perlu Perluas Bantuan Supaya Masyarakat Tenang dan Sukseskan PPKM Darurat

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Puan Maharani Ketua DPR RI Foto: Istimewa

Puan Maharani Ketua DPR RI menyatakan bahwa kesuksesan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat ditentukan oleh partisipasi masyarakat.

Oleh karena itu, Puan meminta pemerintah memberi bantuan, khususnya warga yang paling terdampak dan membutuhkan, agar masyarakat semakin tenang berpartisipasi menyukseskan PPKM Darurat.

“Ketegasan pemerintah serta peran dan partisipasi masyarakat sangat menentukan kesuksesan PPKM Darurat. Maka pemerintah harus memberi bantuan agar masyarakat semakin tenang, dan semakin yakin bahwa kebijakan ini harus disukseskan demi pemulihan dari pandemi Covid-19,” kata Puan dalam keterangannya, Jumat (2/7/2021).

Dia berharap, bantuan pemerintah bukan hanya bantuan sosial dan penundaan kenaikan tarif dasar listrik. Perlu penyiapan bantuan lain dengan cakupan luas, khususnya di masa PPKM Darurat mulai 3-20 Juli 2021.

“Harus diperhatikan betul dampak dan solusi untuk warga yang terdampak kebijakan ini. Harus ada bantuan yang tepat manfaat dan tepat sasaran. Memberikan vitamin dan suplemen untuk masyarakat juga perlu dilakukan supaya imunnya terjaga,” kata Puan.

“Lalu bagaimana dengan proses vaksinasi pada masa PPKM Darurat ini? Saya harap dapat tetap berjalan cepat, dengan pengaturan pencegahan kerumunan dan disiplin protokol kesehatan,” ujar Puan.

Dia tegaskan, DPR RI mendukung dan mengawasi kebijakan pemerintah menangani pandemi Covid-19. Menurut Puan, pandemi Covid-19 adalah persoalan kemanusiaan yang harus dihadapi dengan komitmen dan kedisiplinan bersama.

“Keselamatan masyarakat adalah hal utama. DPR RI mendukung penuh langkah pemerintah mengatasi pandemi ini. Semua kebijakan harus terukur, harus tegas. Yakinlah, kita pasti bisa melalui situasi darurat ini,” pungkas Puan.(faz/dfn/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs