Rabu, 8 Mei 2024

Elite Gerindra-PKB Buka Peluang Koalisi di Pilpres 2024, Ketua Gerindra Jatim: Tak Ada Capres Selain Prabowo!

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Pertemuan Ahmad Muzani (dua dari kiri) Sekjen Gerindra dan Muhaimin Iskandar (dua dari kanan) Ketum PKB di Lampung, Kamis (23/12/2021). Anwar Sadad (tengah) Ketua DPD Jatim turut hadir. Foto: Istimewa

Ahmad Muzani Sekjen Partai Gerindra tidak sengaja bertemu dengan Muhaimin Iskandar Ketua Umum PKB di Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama di Lampung, Kamis (23/12/2021).

Para elit parpol itu pun saling berbincang tentang peluang koalisi di Pemilu 2024 yang terbuka lebar.

Anwar Sadad Ketua DPD Gerindra Jatim yang mendampingi Ahmad Muzani di Muktamar NU menyebut, peluang koalisi itu tergantung keputusan DPP.

Dia hanya menegaskan, DPD Gerindra Jatim akan tetap mengusung Prabowo Subianto Ketua Umum Gerindra sebagai Capres di Pilpres 2024.

“Peluang koalisi itu, kan, nanti DPP ya. Tetapi kami (Gerindra Jatim) solid, enggak ada nama lain untuk Capres, hanya Pak Prabowo Subianto,” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (23/12/2021).

Sadad menyebut, seluruh kader di Jatim sudah bulat dan solid mendukung Prabowo maju Pilpres 2024. Soal koalisi dan siapa Cawapres Prabowo, Wakil Ketua DPRD Jatim ini menyerahkan penuh ke DPP.

“Semua keputusan di DPP. Pertemuan elite tadi sebenarnya juga terjadi tidak sengaja. Untuk komunikasi dengan PKB sendiri kalau di Jatim oke, saya dan petinggi PKB Jatim punya komunikasi baik,” kata Sadad yang namanya masuk bursa Cagub Jatim 2024 menurut sejumlah survei lokal.

Muzani Sekjen Gerindra menjelaskan alasan kedatangannya ke Muktamar NU. Sebagai anggota DPR daerah pemilihan (dapil) Lampung 1, Muzani senang dapilnya menjadi tuan rumah Muktamar NU.

Mengenai pertemuannya dengan Ketua Umum PKB yang tidak disengaja di Lampung, dia tidak menampik bahwa dirinya membahas kemungkinan koalisi Gerindra dan PKB di Pemilu 2024.

“Gerindra dan PKB sama-sama partai yang memiliki orientasi untuk kemajuan rakyat bangsa dan umat. Kita sama-sama memiliki ketajaman bagaimana perjuangan terhadap rakyat, orang kecil terus diasah, dan kita sama-sama memiliki orientasi-orientasi kebangsaan,” katanya.

Karena itulah, dia dan Muhaimin berbincang tentang Pancasila, termasuk beberapa perkembangan-perkembangan politik di Tanah Air, juga kemungkinan koalisi di Pilpres 2024.

“Ya tadi dikit-dikit kita sudah mulai bicara, Pak Muhaimin bertanya apakah Pak Prabowo maju (Pilpres 2024)? Kami jawab Pak Prabowo InsyaAllah maju. Kami balik bertanya, apa beliau juga maju 2024? Pak Muhaimin juga mengatakan, ya InsyaAllah juga,” kata Muzani.(den/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
26o
Kurs