Rabu, 24 April 2024

Moeldoko Dukung Vaksin Nusantara untuk Mengatasi Pandemi

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Moeldoko Kepala Staf Kepresidenan. Foto: Antara

Moeldoko Kepala Staf Kepresidenan, hari ini, Jumat (30/7/2021), menerima suntikan Vaksin Nusantara, vaksin Covid-19 yang diinisiasi Terawan Agus Putranto mantan Menteri Kesehatan.

Momen penyuntikan vaksin yang berlangsung di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat itu diunggah dalam akun media sosial Moeldoko.

“Hari ini, saya menerima suntikan Vaksin Nusantara untuk mencegah penularan Covid-19, dari Letjend (Purn.) Terawan Agus Putranto di RSPAD Gatot Soebroto. Vaksin ini memakai metode dendritik. Bahan dasarnya berasal dari sel darah saya sendiri. Setelah sel itu melalui proses di laboratorium, sel darah itu kembali dimasukkan ke tubuh saya,” ujarnya.

Sebagai pribadi, dia mendukung pengembangan Vaksin Nusantara yang disebutnya sebagai produk inovatif Anak Bangsa untuk mengatasi pandemi.

Moeldoko yang sudah menerima dua kali suntikan vaksin Covid-19 melalui program vaksinasi nasional berharap, dukungannya pada Vaksin Nusantara tidak diartikan macam-macam.

“Semoga dukungan saya secara pribadi ini tidak diasumsikan macam-macam,” tandasnya.

Seperti diketahui, Vaksin Nusantara yang digagas Dokter Terawan memicu kontroversi karena dinilai tidak melalui tahapan penelitian ilmiah.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga tidak memberikan izin uji klinik Vaksin Nusantara.

Sampai sekarang, vaksin itu belum dapat izin penggunaan darurat untuk penanganan Covid-19 di Indonesia.

Walau begitu, sejumlah politisi dan publik figur sudah menjajal Vaksin Nusantara, di antaranya Aburizal Bakrie, Gatot Nurmantyo, Hendropriyono, Anang Hermansyah, dan puluhan Anggota DPR RI periode 2019-2024.(rid/iss/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs