Jumat, 19 April 2024

Pemerintah dan DPR Upayakan Produksi Oksigen Dialihkan untuk Kebutuhan Medis

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Satgas Covid-19 DPR RI bersama Budi Gunawan Sadikin Menteri Kesehatan RI meninjau produksi gas oksigen di PT. Samator Gas Industri, kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur, Jumat (6/8/2021). Foto: Istimewa

Satuan Tugas Covid-19 DPR RI bersama Budi Gunawan Sadikin Menteri Kesehatan RI meninjau produksi gas oksigen di PT. Samator Gas Industri, kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur, Jumat (6/8/2021).

Menurut Sufmi Dasco Ahmad Ketua Satgas Covid-19 yang juga Wakil Ketua DPR RI, peninjauan ke produsen utama oksigen itu untuk memastikan produksi oksigen untuk kebutuhan pasien Covid-19 bisa terpenuhi.

Sebab, setelah melakukan kunjungan ke Bea Cukai, ditemukan banyak pihak swasta yang melakukan pemalsuan. Pasokan oksigen untuk Jakarta maupun daerah pun dianggap masih kurang.

“Ternyata kebutuhan gas baik di Jakarta maupun di daerah-daerah masih kurang. Oleh karena itu, produsen utama yang ada di sini kami coba lakukan peninjauan,” kata Dasco.

Dasco dan Menkes juga sepakat bahwa edukasi protokol kesehatan ke masyarakat harus terus digencarkan demi menekan laju kasus Covid-19, sehingga kebutuhan oksigen bisa ditanggulangi.

Dalam kesempatan yang sama, Budi Gunadi Sadikin Menkes menyebutkan kebutuhan oksigen yang melonjak dalam beberapa waktu terakhir. Perbedaan kebutuhan oksigen hari ini dan sebelum lebaran terbilang sangat signifikan.

“Sebelum lebaran kebutuhannya 400 ton per hari, sekkarang naik jadi 2.200 ton per hari. Jadi gap-nya tinggi sekali,” kata Budi.

Masalahnya, oksigen diproduksi tidak hanya untuk kebutuhan medis. Sebagian besar produksi justru diperuntukkan bagi industri.

Oleh karena itu, pemerintah dan DPR mengimbau agar produksi oksigen untuk industri dikurangi dan dialihkan ke rumah sakit untuk kebutuhan pasien Covid-19.

“Samator adalah produsen terbesar untuk di rumah sakit, tapi buat industri lainnya itu yang kami minta bantuan sama Pak Menteri Perindustrian untuk dibantu agar digeser ke rumah sakit,” ungkapnya.(faz/dfn/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs