Kamis, 25 April 2024

Presiden Melantik Tiga Gubernur Hasil Pilkada 2020

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI melantik tiga pasang Gubernur dan Wakil Gubernur hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, di Istana Negara, Jakarta pada Kamis (25/2/2021) siang. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden RI melantik tiga pasang Gubernur dan Wakil Gubernur hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, di Istana Negara, Jakarta pada Kamis (25/2/2021) siang.

Mereka yang dilantik adalah pasangan Mahyeldi dan Audy Joinaldy sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Ansar Ahmad dan Marlin Agustina sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau, serta Rohidin Mersyah dan E.H. Rosjonsyah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu.

Prosesi pelantikan gubernur dan wakil gubernur tersebut berlangsung dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19.

Sebelum mengucapkan sumpah jabatan, ketiga pasangan kepala daerah terpilih tersebut, menerima petikan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia, di ruang kredensial, Istana Merdeka.

Selanjutnya, mereka melakukan kirab dari Istana Merdeka ke Istana Negara bersama Jokowi Presiden, Ma’ruf Amin Wakil Presiden, dan Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri.

“Saya bersumpah/berjanji bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai gubernur/wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” ucap Presiden diikuti pasangan gubernur yang dilantik.

Sekadar informasi, pelantikan itu berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 40/P Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Kepulauan Riau, dan Bengkulu, Masa Jabatan Tahun 2021-2024.(rid/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs