Jumat, 29 Maret 2024

Sabam Sirait Meninggal, Seluruh Kader PDIP Beri Penghormatan Terbaik

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Sabam Sirait beserta istri di Istana Negara, Kamis (13/8/2015). Foto: Dok. suarasurabaya.net

PDI Perjuangan mengucapkan duka cita yang sangat mendalam atas wafatnya Sabam Sirait senior dan deklarator partai. Melalui Hasto kristiyanto Sekjen PDIP ia menyampaikan pesan kepada Megawati Soekarnoputri dan seluruh keluarga besar PDI Perjuangan.

“Pagi ini saya melaporkan kepada Ibu Megawati Soekarnoputri. Seluruh keluarga besar PDI Perjuangan mengucapkan bela sungkawa yang mendalam, dan dengan mengingat jasa-jasa Pak Sabam Sirait,” ujar Hasto Kristiyanto Sekjen PDIP dalam keterangannya, Kamis (30/9/2021).

Menurut Hasto, Sabam Sirait merupakan politisi senior dengan pengalaman yang begitu panjang di dalam mengabdi pada bangsa dan negara. Ia juga dikenal sebagai deklarator Partai ketika fusi Partai dilakukan pada tahun 1973 menjadi PDI.

“Almarhum dalam sejarah pengabdian di PDI tercatat menjadi Sekjen PDI dari tahun 1973 hingga 1986. Pak Sabam Sirait memiliki pengalaman yang sangat panjang sebagai anggota DPR RI dan juga sebagai Dewan Pertimbangan Pusat PDI Perjuangan pada tahun 1998-2008,” kata Hasto.

Atas jasa-jasanya yang begitu besar, seluruh anggota dan kader PDI Perjuangan memberikan penghormatan terakhir kepada Sabam Sirait dan memberikan doa atas pengabdiannya.

“Selamat jalan Pak Sabam Sirait, buku yang mengungkapkan pengalaman Pak Sabam dengan menegaskan bahwa pada dasarnya politik itu suci akan terus menjadi pegangan guna memerkuat gerak PDI Perjuangan di dalam membangun peradaban bagi Indonesia Raya,” pungkas Hasto.

Untuk diketahui, Sabam Sirait meninggal dunia di RS Karawaci, Tangerang, Banten, Rabu (29/9/2021) sekitar pukul 22.37 WIB. Politikus senior yang sebelumnya berkiprah di PDI-P tersebut meninggal di usia 85 tahun. Sabam Sirait lahir di Pulau Simardan, 13 Oktober 1936.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
31o
Kurs