Sabtu, 20 April 2024

Megawati: Gelorakan To Build The World A New di Presidensi G-20

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Megawati Soekarnoputri Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) dalam acara puncak perayaan HUT PDIP ke-49, Senin (10/1/2022). Foto: Istimewa

Megawati Soekarnoputri Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) mengajak Pemerintahan Jokowi-Maruf Amin menggelorakan semangat ‘To Build The World A New’ dalam kepemimpinan di organisasi G-20.

Menurut Megawati, hal itu menjadi satu di antara pekerjaan rumah yang harus dijalani. Modalnya adalah Pancasila.

“Kepercayaan dunia internasional atas kepemimpinan Indonesia di G-20. Presidensi Indonesia ini menggelorakan kembali apa yang dimaksud oleh Bung Karno dengan To Build the World a New,” kata Megawati dalam pidatonya di puncak perayaan HUT PDIP ke-49, Senin (10/1/2022).

Sekadar diketahui, pada 30 September 1960, Soekarno berpidato di Gedung PBB, di New York, Amerika Serikat. Dalam pidato berdurasi sekitar 90 menit itu, Soekarno menyampaikan pidato yang bersemangat. Isinya menelanjangi habis-habisan sistem atau konsep yang dibangun oleh Barat selama berabad-abad serta dampaknya pada keberlangsungan dunia.

Pidato itupun dianggap menggemparkan dunia pada saat itu. Sebab Soekarno mendorong kesetaraan hak dan kewajiban antara semua negara di dunia. Dan mengajak agar dunia baru yang lebih adil dibangun.(faz/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs