Senin, 6 Februari 2023

PAN Apresiasi Capaian Indeks Reformasi Birokrasi Pemkot Surabaya

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Musyawarah ranting Surabaya DPRt PAN se-Kota Surabaya. Foto: Istimewa

Partai Amanat Nasional (PAN) Surabaya mengapresiasi Pemerintah Kota Surabaya atas capaian penghargaan peringkat A Indeks Reformasi Birokrasi 2022.

“Atas nama ketua Partai Amanat Nasional, saya mengapresiasi terhadap prestasi yang telah dicapai kota Surabaya, dalam hal ini wali kota Surabaya Eri Cahyadi,” ujar Mahsun Djayadi, Ketua PAN Surabaya, Rabu (7/12/2022).

Menurut Mahsun, banyak komponen indikator sebelum penilaian antara lain, manajemen perubahan di lingkungan organisasi, penguatan akuntabilitas, dan penguatan pengawasan.

“Bagi warga kota Surabaya, kita wajib mengapresiasi prestasi ini. Dan ini merupakan kado akhir tahun bagi warga Kota Pahlawan, khususnya Cak Eri Cahyadi,” imbuhnya.

Dia juga berpesan, agar seluruh karyawan di lingkungan Pemkot Surabaya, khususnya bagian pelayanan terus meningkatkan kinerjanya. Pasalnya, keberhasilan tata laksana pemerintahan tak lepas dari pelayanan maksimal terhadap warga sebagai salah satu indikator.

“Dengan prestasi ini, kita tidak cukup dengan bangga menerimanya, tetapi harus disertai dengan meningkatnya sikap dan perilaku warga kota terutama terkait dengan peduli lingkungan, kedisiplinan, dan meningkatnya sikap kepedulian terhadap sesama,” pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mencatat sejarah sebagai pemerintah kota pertama dan satu-satunya di Indonesia yang berhasil mencapai peringkat A (Sangat Baik) untuk penilaian Indeks Reformasi Birokrasi. Surabaya sukses meningkatkan kategori indeks Reformasi Birokrasi dari BB menjadi A.

Kinerja tersebut disampaikan di sela-sela pengarahan KH Ma’ruf Amin Wakil Presiden RI terkait reformasi birokrasi tematik pada Senin (5/12/2022), dan secara resmi diserahkan hasil penilaiannya pada acara Penganugerahan Pelayanan Publik dan Reformasi Birokrasi 2022 yang digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Selasa (6/12/2022).(lta/dfn/ipg)

Berita Terkait