Jumat, 1 Maret 2024
Advertorial

DPR Bahas Kerja Sama Ekonomi dan Kemanusiaan dengan Azerbaijan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Fadli Zon bersama Anggota BKSAP DPR RI, Irine Yusiana Roba Putri dan Primus Yustisio didampingi Duta Besar Republik Indonesia di Ankara, Turkiye, Achmad Rizal Purnama melakukan pertemuan bilateral dengan Parlemen Azerbaijan yang dipimpin Tahir Mirkisili, sebelum pelaksanaan Sidang Executive Council of the Asian Parliamentary Assembly (APA) di Antalya, Turkiye, Minggu (26/11/2023). Foto: Istimewa

Fadli Zon Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI membahas seputar hubungan diplomasi antara Indonesia dan Azerbaijan yang sudah terbangun selama 31 tahun, dalam pertemuan Dewan Eksekutif Asian Parliamentary Assembly (APA).

Selain itu, BKSAP juga membahas dukungan penuh Indonesia terhadap nominasi Azerbaijan untuk Presidensi APA 2023-2024.

Fadli bersama Anggota BKSAP DPR RI, Irine Yusiana Roba Putri dan Primus Yustisio didampingi Duta Besar Republik Indonesia di Ankara, Turkiye, Achmad Rizal Purnama melakukan pertemuan bilateral dengan Parlemen Azerbaijan yang dipimpin Tahir Mirkisili, sebelum pelaksanaan Sidang Executive Council of the Asian Parliamentary Assembly (APA) di Antalya, Turkiye, Minggu (26/11/2023).

“Azerbaijan merupakan parlemen yang aktif. Dalam forum-forum internasional Azerbaijan selalu mendukung posisi Indonesia dan DPR RI dalam berbagai isu termasuk proposal emergency item yang kita lakukan di IPU mau pun beberapa forum yang lain,” ujarnya.

Dalam forum itu, Fadli Zon menyampaikan pandangan terkait pentingnya reformasi dalam organisasi APA supaya mampu merespon tantangan regional dan global secara lebih efektif.

Kemudian, Fadli Zon juga mengapresiasi hubungan perdagangan antara kedua negara yang telah berjalan secara progresif selama ini.

Dia berharap potensi kerja sama lebih diperluas pada berbagai aspek lainnya, seperti kolaborasi di bidang energi hijau dan energi terbarukan sertai pariwisata halal (halal tourism).

“Mungkin lebih ditingkatkan lagi konektivitas agar masyarakat indonesia lebih mengenal Azerbaijan, begitu juga sebaliknya,” imbuhnya.

Lebih lanjut, legislator dari Partai Gerindra itu mendorong penguatan relasi diplomasi Indonesia-Azerbaijan yang berlandaskan nilai-nilai demokrasi, penghormatan terhadap HAM, hukum internasional, dan pencapaian pembangunan berkelanjutan.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Jumat, 1 Maret 2024
32o
Kurs