Minggu, 28 April 2024

Elektabilitas Turun, Ganjar-Mahfud Harus Gunakan Pola Kampanye Kreatif

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Achmad Baidowi Ketua DPP PPP. Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Hasil survei Litbang Kompas yang dirilis pada Senin (11/12/2023) menunjukkan bahwa elektabilitas pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD calon presiden-wakil presiden nomor urut 3 berada pada urutan terakhir yaitu 15,3 persen.

Sementara itu, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memperoleh elektabilitas sebesar 39,3 persen, dan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebesar 16,7 persen.

Achmad Baidowi Ketua DPP PPP menanggapi santai hasil survei tersebut. Menurut dia, hasil survei yang dilakukan beberapa lembaga hasilnya memang fluktuatif karena dipengaruhi banyak hal.

“Survei itu jadi alat ukur yang perlu kita perhatikan tapi biasa lah pergerakan survei itu fluktuatif,” kata Baidowi atau Awiek di Jakarta, Senin (11/12/2023).

Dia meyakini bahwa dua bulan ke depan akan ada kondisi yang mempengaruhi elektabilitas, salah satunya adalah momen debat capres-cawapres yang di selenggarakan KPU RI. Menurut dia, forum debat itu akan mendapatkan sorotan yang luar biasa dari masyarakat.

Namun dia memastikan bahwa Ganjar-Mahfud akan melakukan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kembali elektabilitas pasangan tersebut.

“Mensosialisasikan program konkrit yang akan dilakukan dengan ‘best practice’ di Jawa Tengah,” ujarnya.

Sementara, Jimmy Charles Kawengian Ketua Divisi Kampanye Nasional Bappilu DPP Partai Hanura mengatakan pihaknya menghormati hasil survei berbagai lembaga terkait elektabilitas capres-cawapres.

Dia mengatakan hasil survei Kompas akan dijadikan sebagai bahan introspeksi bagi tim internal Ganjar-Mahfud.

“Ini jadi pecutan bagaimana menaikan elektabilitas Ganjar. Seperti apa langkahnya, kami ada strateginya,” katanya.

Namun dia menegaskan bahwa survei internal TPN Ganjar-Mahfud justru menunjukkan hasil yang menggembirakan yaitu pasangan tersebut justru unggul dibandingkan paslon lain.

Ujang Komaruddin Direktur Eksekutif Indonesia Political Review menilai Ganjar-Mahfud harus mencari cara dan strategi yang kreatif untuk bisa diterima oleh pemilih pemula, milenial, dan gen z.

Langkah itu menurut dia untuk meningkatkan elektabilitas paslon tersebut yang mengalami tren penurunan dibandingkan paslon lain.

“Kampanye yang dilakukan harus ada diferensiasi atau pembeda dari capres lain. Ganjar-Mahfud harus kerja keras dan maksimal mencari skema dan format kampanye yang cocok dan kreatif dan memiliki diferensiasi dibandingkan capres lain,” katanya. (faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs