Sabtu, 27 April 2024

Prabowo-Gibran Janjikan Rumah Murah untuk Milenial jika Menang Pemilu 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka capres-cawapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Penegakan Hukum Terpadu (Rakornas Gakkumdu), di Hotel Grand Sahid, Sudirman, Jakarta, Senin (27/11/2023). Foto: istimewa Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka capres-cawapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Penegakan Hukum Terpadu (Rakornas Gakkumdu), di Hotel Grand Sahid, Sudirman, Jakarta, Senin (27/11/2023). Foto: istimewa

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pasangan nomor urut 2 berkomitmen membantu kaum milenial dan masyarakat menengah ke bawah untuk mendapatkan rumah murah jika memenangi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Rumah itu merupakan kebutuhan dasar. Orang bisa hidup tenang dan bisa maju ke depan, mendidik anaknya,” kata Paulus Totok Lusida Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

Dilansir dari Antara, Sabtu (2/12/2023), Totok menyebut komitmen itu diprioritaskan karena Prabowo-Gibran melihat tingginya angka kesenjangan antara jumlah rumah terbangun dengan yang dibutuhkan warga.

Berdasarkan data yang dihimpun TKN Prabowo-Gibran, Totok menyebutkan kesenjangan itu mencapai angka sekitar 12,7 juta.

Oleh karena itu, Prabowo-Gibran berjanji akan membangun 500 ribu rumah tapak dan 500 ribu rumah vertikal (rumah susun) di wilayah perkotaan dan pedesaan.

“Selain di perkotaan, Prabowo-Gibran berencana merenovasi rumah di pedesaan yang ditargetkan mencapai 2 juta rumah pada tahun kedua menjabat,” kata Totok.

Rumah tersebut dipastikan dengan harga terjangkau karena masyarakat akan mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Salah satu subsidi yang ditawarkan ialah tidak membebankan biaya pembangunan lift untuk pembelian rumah susun.

“Kemudian, pembangunan itu yang paling mahal di biaya lift dan itu ditanggung pemerintah, supaya masyarakat tidak menanggung pembangunan biaya maintenance dan operasional lift,” tambahnya.

Selanjutnya, Prabowo-Gibran juga berjanji masyarakat akan bisa menyewa rumah bersubsidi tersebut dengan skema pembayaran per bulan.

Paulus mengaku sudah mengusulkan kepada Prabowo untuk menunjuk menteri yang khusus untuk menangani perumahan supaya program kerja tersebut bisa menjangkau masyarakat yang membutuhkan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye juga telah dijadwalkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs