Rabu, 6 Desember 2023

Prananda Prabowo: Rakernas PDIP Perlihatkan Simbol Keberpihakan

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Prananda Prabowo (berdiri baju hitam) Ketua DPP berbincang dengan Megawati Soekarnoputri Ketua Umum DPP di acara Rakernas IV PDIP, di Jakarta, Minggu (1/10/2023). Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

M. Prananda Prabowo Ketua DPP PDI Perjuangan bersyukur pelaksanaan Rakernas IV PDIP berjalan dengan baik. Soliditas pun terlihat nyata. Tiga Pilar Partai menunjukkan kekompakan menuju Pemilu 2024.

Tema Rakernas IV ‘Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia’ wujud kepedulian PDIP terhadap persoalan di tengah masyarakat. Hal ini disampaikan Prananda Prabowo di arena Rakernas, Jiexpo, Kemayoran, Jakarta Pusat Minggu (1/10/2023).

Menurut Prananda, kehadiran ribuan petani dan pameran pangan wujud komitmen Partai. Karena persoalan pangan sangat penting. Sehingga di agenda besar, PDI Perjuangan selalu memilih tema yang spesifik.

“Selama Rakernas IV, Ibu Ketua Umum dua kali berkunjung ke pameran pangan. Hari pertama bersama Pak Jokowi dan capres Ganjar Pranowo. Hari kedua juga kembali meninjau dan berdialog dengan penjaga stand di arena pameran pangan,” kata Prananda yang dalam dua momen tersebut selalu ikut mendampingi Megawati.

Ditambahkannya, momen penyerahan bibit padi oleh petani kepada Megawati, Jokowi Presiden dan Ganjar bacapres di pembukaan Rakernas, adalah bentuk simbolisasi keberpihakan.

“Pada simbol Pancasila sila ke lima, padi melambangkan pangan dan sandang, yang merupakan syarat utama kemakmuran,” sebut Prananda.

Dia menyebut pemilihan tema Rakernas PDIP bagi sebagian pihak terkesan tidak seksi dalam konteks politik terkini. Begitupun di Rakernas sebelumnya, yang membahas jalur rempah untuk menyadarkan Indonesia negara yang kaya dengan rempah-rempah dan juga dengan pangan bumbu-bumbuan.

Walau begitu, PDIP tetap setia di jalan ideologi dengan membahas dan berupaya menemukan solusi untuk menyelesaikan berbagai masalah riil yang dihadapi rakyat.

“Melalui agenda Rakernas ini, PDI Perjuangan juga menunjukkan soliditas Partai menghadapi Pemilu 2024. Berbagai arahan yang disampaikan Ibu Ketua Umum menjadi perhatian utama peserta termasuk soal menjaga kedisiplinan, selalu menjaga spirit gotong royong serta bekerja dengan turun ke bawah, ke akar rumput. Termasuk menekankan persoalan pangan merupakan hal yang sangat penting,” urai Prananda yang dengan menggunakan boogie car menyupiri Megawati meninggalkan arena Rakernas.

Prananda juga menyoroti kehadiran pelajar di arena pameran pangan. Menurutnya, momen itu bisa semakin menumbuhkembangkan semangat nasionalisme dan berdikari di kalangan muda.

“Diharapkan para pelajar itu, kaum Gen Z, mendapat inspirasi terhadap upaya menggelorakan kemajuan dan semangat berdikari, dan cinta tanah air,” lanjutnya.

“PDI Perjuangan mengucap syukur pelaksanaan Rakernas IV berjalan dengan baik,” pungkas Prananda yang akrab disapa Mas Nanan. (faz/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Aksi Demo Buruh, Lalu Lintas Lumpuh di Jalan Basuki Rahmat

Kemacetan Total di Raya Sukomulyo Gresik

Surabaya
Rabu, 6 Desember 2023
25o
Kurs