Rabu, 28 Februari 2024

Sikat Habis Korupsi Jadi Program Unggulan Anti Korupsi Ganjar-Mahfud di Debat Capres-Cawapres

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ganjar Pranowo Capres nomor urut 3 saat bertemu kalangan anak muda di La Cove Restaurant, Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (1/12/2023). Foto : Istimewa

Ganjar Pranowo-Mahfud MD Pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 3 siap menghadapi debat pertama Capres-Cawapres yang diagendakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, pada 12 Desember 2023.

Duet Ganjar – Mahfud yang akan berkontestasi pada Pilpres 2024 memastikan akan mengusung Program Unggulan Anti Korupsi pada acara debat nanti.

“Pemberantasan Korupsi menjadi Visi-Misi unggulan kami. Korupsi harus disikat habis sampai ke akar-akarnya,” kata Ganjar Pranowo usai bertemu kalangan anak muda di La Cove Restaurant, Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (1/12/2023).

KPU telah menetapkan jadwal dan tema debat Capres-Cawapres untuk tahapan Pilpres 2024 yang akan digelar sebanyak 5 kali. Debat Capres-Cawapres Pilpres 20234 tidak digelar terpisah, tapi bersama-sama.

Pada debat pertama, KPU menetapkan tema yang diangkat adalah tentang Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.

Ganjar menyatakan, selama ini bersama Mahfud telah mempraktikkan gerakan anti korupsi dalam menjalankan peran dan fungsinya sebagai pejabat publik.

“Kami sudah siap lahir dan batin. Pas temanya, mitra saya kan Prof Mahfud. Insya Allah, kami sama-sama berpengalaman dan Prof Mahfud dikenal sebagai pendekar di bidang hukum,” kata Ganjar.

Pelaksanaan debat Capres-Cawapres diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilu 2024. Nantinya, debat Capres-Cawapres Pilpres 2024 disiarkan langsung secara nasional oleh media massa elektronik melalui lembaga penyiaran publik atau lembaga penyiaran swasta.

Selain itu, debat Capres-Cawapres juga dapat disiarkan ulang selama masa kampanye.

Suami Atikoh itu mengaku tidak melakukan persiapan khusus untuk debat Capres-Cawapres. Pasalnya, Ganjar telah berpengalaman adu gagasan dalam debat calon gubernur dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah.

“Nggak ada persiapan khusus,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ganjar menjelaskan Pemberantasan Korupsi mesti dilakukan hingga ke akar-akarnya demi mewujudkan Indonesia Unggul.

“Caranya, satu kita harus mencegah korupsi dengan memperbaiki sistem kelembagaan dan regulasi harus jelas. Dan, yang paling penting adalah aktornya harus benar-benar bersih. Kalau aktornya nggak benar, ya dia akan terlibat, biasanya. Dan, pemberantasan korupsi akan diawasi top leader. Komitmen anti korupsi tidak cukup hanya di pemerintah, tetapi di masyarakat juga,” tegas Ganjar.(faz/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Rabu, 28 Februari 2024
27o
Kurs