Rabu, 8 Mei 2024

Survei ARCI: Duet Khofifah-Emil Jilid II di Pilgub Jatim Berpotensi Menang

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim (kanan) bersama Emil Elestianto Dardak Wagub Jatim (kiri) dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Jatim, Jumat (29/9/2023). Foto: Humas Pemprov Jatim Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim (kanan) bersama Emil Elestianto Dardak Wagub Jatim (kiri) dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Jatim, Jumat (29/9/2023). Foto: Dok/ Humas Pemprov Jatim

Pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak digadang sebagai calon terkuat dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang.

Berdasarkan hasil survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI), elektabilitas Khofifah masih tertinggi dengan 35,6 persen apabila diproyeksi sebagai calon gubernur (cagub).

Elektabilitas cagub di urutan kedua diisi oleh Emil Dardak Wakil Gubernur Jatim dengan 19,4 persen, dan Achmad Fauzi Bupati Sumenep sebesar 17,3 persen.

Kemudian ada nama Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya, Sarmuji Anggota DPR RI 5,7 persen, Anwar Sadad Wakil Ketua DPRD Jatim 4,4 persen, Gus Ipul Wali Kota Pasuruan 4,3 persen, Gus Halim 3,2 persen Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia, dan Heru Tjahjono 2,7 persen.

Khofifah berpeluangan menang di Pilkada Jatim 2024. Menurutnya, elektabilitas Khofifah bisa terkerek naik jika sudah mendeklarasikan diri maju lagi di Pilgub Jatim.

“Khofifah hampir dipastikan tidak running di Pilpres 2024, tentu peluangnya kini di Pilgub Jatim untuk running maju lagi di periode keduanya,” kata Baihaki Sirajt Direktur ARCI, Kamis (2/11/2023).

Soal bursa calon wakil gubernur (cawagub), nama Emil dianggap paling potensial untuk mendampingi Khofifah di Pilkada Jatim 2024.

“Emil Dardak cawagub paling potensial maju bersama Khofifah lagi, alias Khofifah-Emil jilid II. Elektabilitas Emil sebagai cawagub Jatim di angka 35,2 persen, jauh meninggalkan nama-nama lain,” jelasnya.

Baihaki menyatakan, jika Khofifah-Emil berduet lagi maka peluang mereka menang di Pilkada Jatim 2024 cukup besar. Menurutnya, belum ada pasangan lain yang hisa menandingi duet mereka berdua.

“Bisa dikatakan belum ada nama lain yang menandingi sampai dengan hari ini,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Survei ARCI dilakukan pada 22-27 Oktober 2023. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten/kota Jatim. Survei ARCI memiliki margin of error sebesar 2,8 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. (wld/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
26o
Kurs