Minggu, 3 Maret 2024

Tiga Pasangan Capres-Cawapres Tiba di KPU untuk Pengundian Nomor Urut

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden yang telah ditetapkan KPU RI, Senin (13/11/2024) untuk mengikuti kontestasi Pemilu 2024. Grafis: suarasurabaya.net

Tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden peserta Pemilu 2024 tiba di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta, Selasa malam, untuk mengikuti pengundian nomor urut peserta.

Melansir Antara, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka tiba sekitar pukul 18.41 WIB, disusul Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar tiba pada pukul 18.53 WIB, kemudian terakhir Ganjar Pranowo dan Mahfud MD datang pada pukul 18.57 WIB.

Pasangan Prabowo dan Gibran tampak mengenakan baju bernuansa biru muda. Sedangkan Ganjar mengenakan kemeja warna hitam dan Mahfud berwarna putih. Sementara Anies dan Muhaimin kompak mengenakan baju putih dan bawahan hitam.

Para pendukung ketiga pasangan calon tersebut tampak mengenakan atribut yang merepresentasikan pasangan calon dukungan mereka. Terdengar pula nyanyian yel-yel bersorak sorai mengiringi kedatangan para capres-cawapres itu.

“AMIN, AMIN, pilihlah AMIN!” teriak pendukung Anies-Muhaimin yang dikenal dengan sebutan pasangan AMIN.

“Prabowo Gibran, Prabowo Gibran,” sorak pendukung Menteri Pertahanan dan Wali Kota Surakarta itu.

“Jangan takut kita punya Ganjar, jangan takut kita punya Mahfud,” dendang pendukung Ganjar dan Mahfud.

Sebelumnya, KPU mengundang pasangan capres-cawapres dan partai politik untuk melakukan pengundian nomor urut peserta Pemilu 2024 pada Selasa, 14 November 2023, pukul 18.30 WIB.

“Rencananya tanggal 14 November 2023 itu dimulai pukul 18.30 WIB,” ujar Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari di Kantor KPU, Jakarta, Senin (13/11/2023).

Hasyim menjelaskan KPU akan memulai kegiatan tersebut dengan jamuan makan malam bersama pasangan calon presiden dan wakil presiden. Selain itu, pimpinan partai politik yang mengusulkan pasangan calon presiden dan wakil presiden pun turut diundang.

Setelah jamuan makan malam akan ada rapat pleno terbuka pengambilan atau pengundian nomor urut. Penetapan nomor urut pasangan calon presiden dan wakil presiden sesuai dengan ketentuan yang tertuang pada Pasal 235 ayat (2) Undang-Undang Pemilu.

Setelah itu, KPU memberikan kesempatan kepada setiap pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk menyampaikan kata sambutannya selama 10 menit.

KPU telah menetapkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD., dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden yang berkompetisi dalam Pemilu Presiden 2024 pada Senin (13/11/2023).

Penetapan dilakukan setelah KPU melakukan verifikasi dokumen dan melihat hasil tes kesehatan para pasangan calon. Penetapan tersebut dituangkan dalam keputusan Komisi Pemilihan Umum RI Nomor 1632 Tahun 2023.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Minggu, 3 Maret 2024
26o
Kurs