Selasa, 27 Februari 2024

Wapres: Debat Cawapres Bisa Tunjukkan Pemahaman Persoalan

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ma'ruf Amin Wakil Presiden memberikan keterangan kepada wartawan di Depok, Jawa Barat, Selasa (5/12/2023). Foto; BPMI Setwapres Ma'ruf Amin Wakil Presiden memberikan keterangan kepada wartawan di Depok, Jawa Barat, Selasa (5/12/2023). Foto; BPMI Setwapres

Ma’ruf Amin Wakil Presiden RI menilai pelaksanaan debat khusus bagi calon wakil presiden bisa menunjukkan publik tentang pemahaman para calon terhadap persoalan yang dihadapi.

“Kalau sendiri itu artinya untuk mengukur kemampuan (calon) wapres itu menguasai persoalan-persoalan yang akan dihadapi. Bisa nggak, paham nggak (gitu kan) apa yang akan dihadapi. Kalau didampingi itu kan nanti bisa di-support. Bedanya itu saja,” ujar Wapres Ma’ruf Amin usai menghadiri acara di Depok, Jawa Barat, Selasa (5/12/2023).

Dilansir dari Antara, Ma’ruf menyampaikan, menanggapi wacana dihapusnya debat khusus Cawapres dalam rangkaian kampanye Pilpres 2024 dan akan diganti dengan debat cawapres yang didampingi para capres.

Ia mengatakan, Undang-Undang Pemilu sudah mengatur mekanisme debat pilpres, yakni tiga kali untuk capres dan dua kali bagi Cawapres.

Menurut Ma’ruf, ketentuan itu tidak mungkin dihilangkan karena akan menyalahi undang-undang. Namun, ia mengatakan pelaksanaannya tergantung kesepakatan para calon.

“Hanya memang nanti caranya bagaimana, waktu (debat) tiga Capres seperti apa, dan dua Cawapres seperti apa. Itulah tergantung nanti kesepakatan dari para (calon). Saya dengar belum final (penghapusan debat khusus cawapres),” kata Ma’ruf Amin.

Wapres mengatakan, pada Pilpres 2019 yang diikutinya bersama Presiden Joko Widodo, tidak ada perdebatan sebelum debat Capres-Cawapres.

Namun, saat ini muncul perdebatan sebelum pelaksanaan debat karena muncul isu bahwa cawapres akan didampingi capres pada saat melakukan debat.

“Kalau dulu kan tidak ada perdebatan sebelum debat. Sekarang ada debat karena ada isu itu nanti akan didampingi. Kalau dulu pengalaman saya ada yang bareng capres dengan cawapres, ada yang capres sendiri, ada yang Cawapres sendiri tanpa didampingi. Itu saya kira dulu begitu, mestinya seperti itu,” tutur Wapres.

Ma’ruf Amin menambahkan pembagian mekanisme debat, yakni dua untuk Capres, dua untuk Cawapres dan satu untuk Capres-Cawapres secara bersama-sama akan lebih elok.

“Itu mungkin lebih elok sehingga tetap lima (debat) tanpa ada (perdebatan). Nah, ini isu yang menjadi masalah itu kan ada debat Cawapres, tapi didampingi. Saya kira kita tunggu saja nanti,” kata Wapres Ma’ruf Amin.(ant/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Selasa, 27 Februari 2024
25o
Kurs