Senin, 15 April 2024

Anies Baswedan Serap Aspirasi Nelayan di Parepare Sulawesi Selatan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Calon presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan berkampanye di Lapangan Lumpue, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Selasa (6/2/2024). Foto: Antara Calon presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan berkampanye di Lapangan Lumpue, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Selasa (6/2/2024). Foto: Antara

Anies Rasyid Baswedan calon presiden nomor urut 1 menyerap aspirasi dari para nelayan saat berkampanye di Lapangan Lumpue, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Selasa (6/2/2024).

Dalam orasi politiknya, pasangan dari Muhaimin Iskandar ini menyoroti wilayah melaut nelayan yang sempit, sehingga berpengaruh terhadap pendapatan mereka sehari-hari.

“Banyak sekali nelayan yang mengeluh. Mereka nelayan kecil yang ingin melaut jauh, tapi mereka dipangkas oleh aturan hanya boleh melaut sejauh 12 mil dari tepi pantai,” kata Anies dalam keterangan tertulis di Jakarta, dikutip Antara.

Ia menjelaskan dengan semakin sempitnya ruang lingkup melaut para nelayan, membuat kesejahteraan mereka tidak meningkat dan timpang dengan pelaku usaha perikanan yang sudah mapan.

Selain itu, kata Anies, juga bahan bakar solar yang sulit dijangkau semakin memperparah kondisi nelayan untuk melaut dan mencari nafkah.

“Sudah tidak bisa melaut jauh, solarnya juga sulit, apa yang mereka bisa rasakan kemajuannya? Insya Allah, perubahan akan terjadi pada nelayan kita,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Sementara itu, kampanye Anies di tempat tersebut tampak disambut antusias masyarakat Sulawesi Selatan.

Bahkan saat melakukan orasi politik, tiba-tiba seorang nelayan naik ke panggung dan langsung mengungkapkan keluhan dan harapannya kepada mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

“Kami tidak butuh makan gratis, susu gratis, yang kami butuhkan kesetaraan,” kata Sappe yang merupakan perwakilan dari nelayan Pantai Pasir Putih Lumpue.​​​​​​​

Sappe berharap masyarakat bisa diberi kelonggaran dalam mencari nafkah, terutama urusan izin berlayar hingga pajak melaut, serta harapan agar mendapat layanan kesehatan yang layak dan pendidikan yang baik untuk anak-anak.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta pemilu presiden dan wakil presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. (ant/azw/iss

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 15 April 2024
30o
Kurs